Jangan impor! Ternyata obat Covid-19 ini disintesis di RI

Jakarta, CNBC Indonesia Tak banyak yang diketahui, Indonesia kini berupaya memenuhi kebutuhan obat Covid-19 dengan memproduksi obat sendiri. Obat ini diproduksi oleh BUMN Farmasi yaitu PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma Tbk.

Kimia Farma telah memproduksi obat untuk mengobati Covid-19 Favipiravir atau Avigan. Kimia Farma melalui anak usahanya PT Phapros Tbk juga telah berhasil memproduksi beberapa obat untuk mengatasi Covid-19, antara lain Chloroquine, Hydroxychloroquine, Azithromycin, Favipiravir, Dexamethasone dan Methylprednisolone.

Kimia Farma juga memproduksi beberapa multivitamin peningkat daya tahan tubuh seperti Vitamin C (tablet dan suntikan), Becefort, Fituno, dan Geriavita sebagai produk tambahan untuk menjaga stamina.


“Untuk jenis obat Favipiravir yang bisa digunakan untuk mengobati Covid-19, Kimia Farma sendiri yang merupakan produk pertama di Indonesia yang dikembangkan BUMN sudah bisa diproduksi,” kata Direktur Kimia Farma Verdi Bodidarmo dalam siaran persnya. 10/2020).

Indofarma siap memasarkan obat anti korona Remdesivir dengan merek DesremTM. Obat ini diproduksi oleh Mylan Laboratories Limited, di bawah lisensi dari Gilead Sciences Inc, Foster City, dan USA.

Selain itu, Indofarma juga memproduksi antivirus andalan oseltamivir 75g yang digunakan untuk mengobati pasien Covid-19.

Arif Pramuhantu mengatakan: “Produk yang akan kami pasarkan dalam waktu dekat adalah Desrem TM Remdesivir Inj 100mg, yang telah mendapat persetujuan Emergency Use License (EUA) di Indonesia dan telah disetujui oleh BPOM melalui penerbitan Nomor Izin Pemasaran yang dikeluarkan pada tanggal 30 September. 2020 ‘. , Direktur Utama Endopharma.

“Desrem TM Remdesivir Inj 100mg akan mulai dijual minggu depan, dan itu adalah obat yang digunakan untuk pasien rawat inap Covid-19 dalam kondisi sedang hingga parah. Lalu karena ketersediaan stok untuk bulan ini, sudah ada +/- 400.000 botol dengan harga segini tentunya. Bisa dijangkau masyarakat.” .

READ  Pengukuhan blanket law creation work kemungkinan akan menimbulkan tekanan IHSG pada Rabu (7/10).

[Gambas:Video CNBC]

(Roy / mi)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *