Jangan Lepaskan Papua

mediabogor.com, Bogor – Kerusuhan Papua masih belum berkahir, berawal dari kejadian mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang hingga kini masih berlanjut. Tentu kita tidak ingin susana mencekam di Papua terus berlanjut dan berkepanjangan. Semua itu butuh solusi yang bijak dari seorang pemimpin yang tegas.

Dari beberapa liputan repotrase media yang menayangkan aksi warga papua, sangat disayangkan kini mereka tidak merasa takut untuk memakai atribut lambang OPM. Kini mereka berani mengibarkan bendera bintang kejora dalam beberapa aksi yang mereka gelar. Lambang yang mencerminkan gerakan separatis masyarakat Papua yang menginginkan merdeka dan lepas dari Indonesia.

Sejak Papua merdeka dan bergabung dengan Indonesia tahun 1949. Perkembangan Papua masih terbelakang. Walaupun alamnya menyimpan sejumlah kekayaan yang besar tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakatnya. Wajar jika hal itu membuat kekecewaan warga Papua.

Kerusushan Papua yang terjadi sekarang bukanlah kerusuhan yang biasa. Namun itu adalah berkaitan dengan gerakan Papua merdeka yang menunggu momentumnya. Sehingga semoga TNI bisa mengemban tugasnya menjaga keutuhan negara NKRI. Bahkan, gerakan separatis tersebut sudah mendapat dukungan dari dunia international. Sehingga OPM seolah mendapat angin segar untuk memuluskan rencananya. Kita semua berharap lepasnya timor timur dulu tidak terjadi kembali di tanah Papua.

Namun yang perlu dicermati adalah wajar jika warga papua tidak merasakan kesejahteraan yang merata. Sistem kapitalis memang tidak akan pernah memberikan keadilan, baik di bidang pendidikan, ekonomi, hukum dan sosial kepada semua masyarakat. Kita bisa berkaca pada Timor timur dulu, hingga sekarang setelah lepas dari Indonesia tidak menjadi negara yang sejahtera. Semoga warga Papua bisa belajar dari hal itu.

Negara yang pernah mensejahterakan rakyatnya dengan berkeadilan yang paripurna adalah negara yang berdasarkan sistem Islam yaitu khilafah. Negara yang berdasarkan hukum Islam tapi tidak selalu menomorsatukan muslim dan meremehkan non muslim. Tidak ada perbedaan rasis yang menjadikan masyarakat terpecah. karena Alquran yang menjadi sumber hukumnya berisi tentang samanya manusia diahadapan Allah swt kecuali ketakwaannya. Sehingga dalam khilafah pun semua warga memilki hak yang sama untuk mendapatkan hak-hak mereka.

Yakinlah, jika Papua merdeka itu bukanlah solusi. Malah memperkuat cengkraman penajajah amerika di bumi Cendrawasih untuk mengeruk kekayaannya. Maka Jangan lepas Papua dari Indonesia. Indonesia, Papua dan semua hanya akan sejahtera bersama khilafah.

 

 

Citizen (surat pembaca)
Deni heryani