Jangan Lewatkan, Fenomena Bulan Purnama 3 Tahun Sekali Malam Ini

Jakarta, CNN Indonesia –

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyadari sejumlah kondisi cuaca Kosmos yang mungkin berdampak Bumi.

Sebab cuaca antariksa juga merupakan fenomena astronomi yang berdampak signifikan terhadap sistem teknologi antariksa dan ruas Bumi, ”kata Clara Y. Yatini, Kepala Pusat Sains Antartika LAPAN, Selasa, mengutip Antara (1/9).

Ia mengatakan, LAPAN perlu memperhatikan cuaca antariksa karena cuaca antariksa berasal dari matahari dan bintang-bintang di pusat tata surya terkadang bisa mengeluarkan partikel yang jelas akan mempengaruhi Bumi.

Ia mencontohkan ejeksi partikel yang dapat mempengaruhi bumi, yaitu coronal mass ejection (CME) atau corona mass ejection.

Ia mengatakan, jika massa korona tersebut keluar ke bumi, partikel-partikel tersebut akan menyebabkan gangguan pada geomagnetisme dan mempengaruhi pengukuran medan magnet bumi.

Kemudian Clara juga menyebutkan cuaca luar angkasa yang disebut solar flare atau solar flare yang dapat memancarkan radiasi energi tinggi yang dapat mempengaruhi komunikasi.

Sedangkan cuaca antariksa berupa bintik matahari, kata dia, tidak berdampak langsung ke bumi. Namun, bintik matahari terkait erat dengan bintik matahari, sehingga harus dipantau juga.

“Jika ledakan terjadi di atas, maka akan mempengaruhi kondisi di luar angkasa,” kata Clara.

Sementara, berbagai dampak terkait pecahan peluru dan radiasi matahari, kata dia, dapat memengaruhi satelit di orbit satelit, karena satelit akan mengalami hambatan yang lebih besar jika ada. partikel matahari.

Lalu ada juga gangguan gelombang radio, kilauan dan bisa juga ada radiasi bagi penumpang pesawat, ”ujarnya.

Dan itulah yang kami pelajari, bagaimana radiasi partikel ini mempengaruhi penumpang di pesawat, terutama yang melewati kutub, ”tambah Clara.

(antara / DAL)

[Gambas:Video CNN]

READ  Buruk, Dua Asteroid Raksasa Mendekati Bumi
Written By
More from Masud Madani

Promo Indomaret hanya diskon 3 hari lagi, 11-13 September 2020!

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Promo Indomaret Hanya 3 Hari, kali ini berlaku pada...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *