Jepang dan Uni Eropa menekankan pentingnya sistem berbasis aturan di Samudra Hindia dan Pasifik – dunia

Jepang dan Uni Eropa menekankan pentingnya sistem berbasis aturan di Samudra Hindia dan Pasifik – dunia

Pada hari Senin, Jepang dan Uni Eropa menekankan pentingnya sistem berbasis aturan di kawasan Indo-Pasifik pada pertemuan kebijakan luar negeri blok tersebut, ketika Tokyo menguraikan tantangan keamanan di tengah desakan maritim China.

Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi bergabung dalam pertemuan rutin Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa melalui tautan video, di mana ia mengatakan kepada rekan-rekannya di Uni Eropa bahwa Jepang ingin memperkuat kerja sama dengan blok tersebut untuk mencapai kebebasan dan keterbukaan di kawasan Indo-Pasifik, berdasarkan aturan tersebut. hukum dan kebebasan navigasi, dan Jepang. Kata Kementerian Luar Negeri.

Jepang menghadiri pertemuan tersebut untuk pertama kalinya setelah Uni Eropa meminta Mutegi untuk bergabung di tengah meningkatnya tekad China untuk meningkatkan klaim maritim ekspansif di Samudra Hindia dan Pasifik, termasuk di Laut China Timur dan Selatan.

Minat Eropa di kawasan Indo-Pasifik tumbuh seiring dengan tumbuhnya pengaruh China dan potensi ekonomi kawasan, karena Prancis, Jerman, dan Belanda telah menyusun pedoman diplomatik untuk kawasan tersebut. Uni Eropa sedang dalam pembicaraan untuk menyatukan kebijakan Indo-Pasifik saja.

Baca juga: Dokumen AS yang tidak diklasifikasikan mengungkapkan strategi Samudra Hindia dan Pasifik. Tapi dimana Indonesia?

Kementerian tersebut mengatakan bahwa Motegi menyambut baik perkembangan tersebut dan menjelaskan perlunya kerja sama dengan mitra yang berpikiran sama, termasuk Amerika Serikat, untuk mengatasi keamanan dan tantangan lain yang dihadapi kawasan Indo-Pasifik.

Menteri Jepang bukanlah menteri pertama dari luar blok yang diundang ke Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa, badan yang bertanggung jawab atas kebijakan luar negeri blok tersebut.

Kementerian tersebut mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung Wha masing-masing berpartisipasi dalam pertemuan dewan pada tahun 2019 dan 2018.

READ  Kegilaan terbaru Trump untuk Iran memakan korban Rusia dan China

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor