Jepang meminta Amerika Serikat untuk mengubah kenetralannya terhadap Syncax pada tahun 1970-an – dunia

Jepang meminta Amerika Serikat untuk mengubah kenetralannya terhadap Syncax pada tahun 1970-an – dunia

Kyodo News

Tokyo, Jepang ●
Senin, 3 Mei 2021

2021-05-03
12:20

0920e6703081f028872405a526444e95
2
Ilmuwan
China, Senkaku, Amerika Serikat, Jepang, geopolitik
Gratis

Pemerintah Jepang meminta Amerika Serikat untuk mengubah posisi netralnya atas kedaulatan Jepang atas Kepulauan Senkaku pada April 1978, tetapi Washington menolaknya, menurut dokumen pemerintah AS yang tidak diklasifikasikan.

Dokumen yang diperoleh Kyodo News dari American National Archives, menunjukkan bahwa pemerintah AS menolak untuk mengubah netralitasnya terkait pulau-pulau yang dikuasai Jepang dan diklaim oleh China di Laut China Timur dengan alasan bahwa “posisi pemerintah AS” tidak mengubah konflik Sincax sejak 1972 “ketika kembali. Okinawa, termasuk pulau tak berpenghuni, menjadi Jepang.

Menurut kabel yang dikirim dari Kedutaan Besar AS di Jepang ke Kementerian Luar Negeri pada tahun 1978, Perdana Menteri Jepang Takeo Fukuda mengatakan kepada Duta Besar Mike Mansfield dalam pertemuan mereka sebelum kunjungannya ke Amerika Serikat bahwa dia terkejut dengan intervensi armada penangkapan ikan China. ke dalam wilayah. Perairan di sekitar Kepulauan Senkaku.

Hubungan Sino-Jepang sering tegang karena pulau-pulau yang disebut China sebagai Diaoyu. Amerika Serikat memulihkan hak administratif atas Senkaku ke Jepang pada tahun 1972.

Meskipun Pasal 5 Perjanjian Keamanan Jepang-Amerika menyatakan bahwa Amerika Serikat akan mempertahankan wilayah di bawah pemerintahan Jepang dari serangan bersenjata, termasuk Kepulauan Senkaku, hal itu tidak memengaruhi kedaulatan pulau-pulau tersebut.

Sementara itu, Tatsuo Arima yang saat itu menjabat sebagai pengurus Kedutaan Besar Jepang di Amerika Serikat juga meminta Amerika Serikat untuk mengubah posisinya tentang kedaulatan Kepulauan Senkaku yang ditentukan selama kepulangan Okinawa.

Arima dikutip mengatakan kepada pihak AS bahwa kegagalan untuk menanggapi posisi AS “dapat menimbulkan pertanyaan tentang perjanjian keamanan bersama antara Amerika Serikat dan Jepang.”

READ  Bester Couchtisch Eiche Massiv 2021: Getestet und qualifiziert

Namun, Departemen Luar Negeri AS menolak banding tersebut, dengan menyatakan bahwa posisi pemerintah “dirumuskan dengan pertimbangan penuh untuk kebutuhan jangka panjang Amerika, dan bahwa ia terus memenuhi kebutuhan ini sekarang seperti yang terjadi pada tahun 1971.”

Kabel AS menunjukkan bahwa Amerika Serikat menyiapkan pernyataan jika penggunaan jarak tembak Jepang sebagai tempat latihan di Pulau Taisho, salah satu Kepulauan Senkaku, dipertanyakan.

Meskipun Jepang meminta Amerika Serikat untuk menghapus bagian yang menyiratkan ketidakberpihakan pada masalah kedaulatan, permintaan itu ditolak.

Amerika Serikat menangguhkan penggunaan penembakan lapangan pada Juni 1978 karena kekhawatiran atas keterlibatannya dalam sengketa wilayah Tiongkok-Jepang.

China telah meningkatkan klaimnya sejak Jepang menempatkan pulau-pulau itu di bawah kendali negara pada tahun 2012. Jepang mengambil posisi bahwa tidak ada masalah kedaulatan teritorial yang harus diselesaikan atas pulau-pulau itu.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor