Jokowi mengeluarkan peraturan tentang kewenangan mengatur ibu kota negara

Jokowi mengeluarkan peraturan tentang kewenangan mengatur ibu kota negara

Jakarta (Antara) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerbitkan peraturan presiden tentang kewenangan penyelenggaraan ibu kota negara baru, menurut panel ahli dari Kantor Kepresidenan.

“Saat ini kami sedang mengkonsep (struktur) untuk BPN, dan akan diterbitkan Peraturan Presiden untuk itu,” kata Wandy Tuturong, tim ahli di Kantor Staf Kepresidenan, dalam video yang diambil dari kantor di Jakarta pada Rabu.

Dia menegaskan, peraturan presiden akan menjamin tata kelola ibu kota negara yang baik.

“Semua orang memahami prinsip pemerintahan yang baik dan pentingnya, dan kami juga memperhitungkan faktor ini. Namun, kami juga harus mempertimbangkan pentingnya partisipasi publik saat ini,” tegas kelompok ahli tersebut.

Ia mengatakan, masyarakat didorong untuk memantau dan memberikan masukan kepada otoritas dalam menyusun kepemimpinan otoritas ibu kota pasca berlakunya Perpres tersebut.

Berita Terkait: Pengembangan IKN baru untuk memprioritaskan infrastruktur inti: Gugus Tugas

Staf ahli juga menanggapi kritik dari sebagian masyarakat dan membantah bahwa pemerintah tergesa-gesa membahas dan mengesahkan RUU Ibu Kota Negara.

RUU itu disetujui setelah dibahas secara menyeluruh oleh pemerintah dan legislatif dan mencari masukan dari para pemangku kepentingan dan para ahli terkait, katanya.

“Masyarakat umum harus memahami bahwa kewenangan, khususnya Badan Pembangunan Nasional, telah luas kontaknya untuk membahas RUU, Perpres, serta Rencana Induk Pembangunan sejak periode sebelumnya,” kata Tuturong.

Dia mendesak anggota masyarakat untuk berpartisipasi dalam langkah selanjutnya dari pemindahan ibu kota untuk memastikan bahwa setiap masukan pemangku kepentingan ke dalam prosesnya ditangani.

“Kerja sama antara masyarakat umum dan pemerintah sangat penting untuk memastikan keberhasilan upaya kami untuk memindahkan ibu kota negara,” kata staf ahli.

Berita Terkait: Anggaran pena untuk menutupi pembangunan ibu kota baru: Menteri

READ  Tes DNA mengungkapkan pria itu bukan polisi yang dinyatakan meninggal setelah tsunami Indonesia

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor