Kabupaten Kudus berupaya memperkenalkan kopi muria sebagai varietas istimewa

Kabupaten Kudus berupaya memperkenalkan kopi muria sebagai varietas istimewa

Kudus, Jawa Tengah (ANTARA) –

Pemerintah Kabupaten Kudus di Jawa Tengah telah berupaya mendaftarkan kopi Muria sebagai varietas tanaman khas asli kabupaten tersebut ke Balai Perlindungan Varietas Tanaman dan Izin Pertanian Kementerian Pertanian.

“Kopi Muria sudah dipromosikan sedemikian rupa sehingga (kopi) harus terdaftar sebagai varietas khas Kudus. Jangan sampai kita terkejar oleh kabupaten lain,” kata Bupati Kudus Hartopo di sini, Senin.

Bupati mengaku, dulu Kabupaten Kudus disalip oleh kabupaten lain dalam mengklaim varietas tanaman lokal, seperti kasus parijoto. (medinilla magnifica) dan jeruk pomelo (jeruk maksimal).

Hartopo mengatakan telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk menangani pendaftaran varietas tanaman dengan otoritas pusat.

Sementara itu, Kasubdit Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Arin Nikmah mengatakan, berbagai persyaratan harus dipenuhi sebelum pemkab bisa mendaftarkan kopi Muria sebagai varietas tanaman khas asli Kudus.

“Kita harus mendapatkan data observasi di lokasi dan menemukan tanaman induk kopi Muria yang minimal berumur 20 tahun,” ujarnya.

Nikmah menyoroti, karena sebagian besar tanaman kopi yang dibudidayakan petani lokal berasal dari luar Kudus, maka pihak berwenang harus lebih berupaya mencari tanaman induk yang tumbuh di Kudus.

Setelah tanaman induk ditemukan, pengamatan bunga dan buah tanaman, dilakukan setidaknya dua kali setahun, menurut sub-koordinator.

“Dari hasil observasi, kami akan mencari keunikan kopi Muria dengan varietas kopi lain, dan ketika (kami mendeteksi) fisiologi batang dan daun yang berbeda, kami dapat melanjutkan prosesnya,” jelas Nikmah.

Pendaftaran ke kementerian sebagai varietas lokal khusus bertujuan untuk melindungi plasma nutfah kopi dan varietas lokal Kabupaten Kudus, katanya, seraya menambahkan bahwa proses pembibitan dapat dimulai setelah Kementerian Pertanian menerbitkan sertifikat.

READ  Menlu Joly ke Indonesia-Vietnam untuk memperluas kemitraan

Berita Terkait: Rasa kopi Flores yang berbeda tercium melalui DEWG G20 ke-3
Berita Terkait: Pemerintah dukung pengembangan UMKM kopi di hulu dan hilir

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor