Kamera iPhone 12 Pro Mengusung Sensor LiDAR, Ada Apa?


BATAMCLICK.COM, Apple membawa banyak fitur baru ke iPhone 12 Quad yang baru saja diluncurkan. Salah satunya adalah sensor LiDar pada iPhone 12 Pro dan Pro Max.
Pada unit kamera iPhone 12 Pro dan Pro Max, Anda dapat melihat sensor LiDAR yang terletak di bawah unit kamera dan flash. Sensor ini berwarna hitam dan ukurannya sama dengan flash di atasnya.

Tapi apa sebenarnya yang dilakukan sensor ini?

Diadaptasi dari detikINET dari The Next Web, Sabtu (17/10/2020) LiDAR merupakan singkatan dari Light and Range Detection. Fitur ini pada awalnya digunakan oleh mobil otonom untuk memetakan daerah sekitar dengan mengukur jarak benda melalui pancaran sinar cahaya.

Sebelumnya Apple menggunakan sensor ini pada iPad Pro yang diluncurkan pada Maret 2020. Namun tujuan utama fitur pada iPad Pro adalah untuk memberikan pengalaman augmented reality (AR) yang lebih baik.

Apple mengklaim sensor LiDAR yang digunakan di iPhone 12 Pro dan Pro Max membantu dalam tiga cara, yakni efek foto dan video, secara tepat memposisikan objek AR dan pemindaian objek dan ruangan.

Dua fungsi terakhir hanya dapat digunakan untuk pengembang dan perusahaan, seperti konstruksi yang perlu menetapkan ruangan. Bagi konsumen awam, efek foto dan video jelas merupakan fungsi yang paling menarik.

LiDAR dapat bekerja dalam kondisi gelap dengan menembakkan laser untuk penentuan jarak. Untuk alasan ini, Apple menggunakannya untuk meningkatkan fokus otomatis pada iPhone 12 Pro dan Pro Max.

Apple mengklaim bahwa sensor LiDAR mendorong kecepatan fokus otomatis pada iPhone 12 Pro dan Pro Max menjadi enam kali lebih cepat daripada fokus otomatis di kamera biasa. Selain itu, sensor LiDAR juga memungkinkan iPhone untuk mengambil foto mode potret dalam kondisi kurang cahaya.

READ  3 berita teratas dari teknologi saat ini: kasus Covid-19 Jerman, Covid-19 Indonesia, Poco X3

Teknologi LiDAR sebenarnya mirip dengan sensor Time of Flight (ToF) yang banyak digunakan flagships Samsung dan Huawei. Tapi keduanya bekerja secara berbeda.

Snapchat juga telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menyediakan filter berbasis LiDAR di aplikasi mereka.

Dengan harga mulai dari $ 999 (Rs. 14,8 juta) untuk iPhone 12 Pro, dan $ 1.099 (Rs. 16,3 juta) untuk iPhone 12 Pro Max, mungkin agak sulit untuk menghabiskan sebanyak itu hanya untuk mencoba teknologi LiDAR. Namun jika Anda seorang fotografer atau memiliki hobi fotografi dan terobsesi dengan foto low-light berkualitas tinggi, dua ponsel dari Sultan ini bisa jadi pilihan. (tikar)

Sumber: detik.com

More from Shakeel Mohiuddin

Lemari pakaian pintar ini bisa menjaga pakaian Anda dan menjaganya tetap bebas virus

BATAMCLICK.COM, LG resmi merilis lemari pakaian pintar. Perangkat bernama LG Styler ini...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *