Kandidat pemilu harus menjaga iklim politik yang harmonis: Jokowi

Kandidat pemilu harus menjaga iklim politik yang harmonis: Jokowi

Surakarta, Jawa Tengah (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau calon presiden dan wakil presiden menjaga iklim politik yang harmonis menjelang Pemilihan Umum 2024.

“Saya minta capres dan cawapres yang hadir pada Kongres Nasional HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) 2022 di Surakarta ini untuk menjaga iklim politik yang harmonis jelang Pemilu 2024, apalagi di tengah kondisi global yang rentan saat ini,” ujarnya saat pembukaan. .upacara Kongres di sini pada hari Senin.

Sambil menahan diri untuk tidak menyebutkan calon tertentu, Presiden mengatakan bahwa calon harus menjaga kondisi politik yang harmonis dan ketika terjadi konflik, pastikan gesekan tidak meningkat.

“Saya tidak menyebutkan nama calon, tapi sudah diungkapkan secara terbuka tadi oleh Menteri Penanaman Modal (Bahlil Lahadalia),” katanya.

Dia menekankan bahwa iklim politik yang panas harus dihindari dengan segala cara di tengah krisis global yang sedang berlangsung, yang berpotensi merembet ke Indonesia.

“Saya sudah sampaikan berulang kali bahwa ada 14 negara yang berpotensi menjadi ‘pasien’ Bank Dunia atau Dana Moneter Internasional (IMF), dan 28 negara lainnya sudah antre di hadapan IMF,” kata Presiden.

Calon presiden dan wakil presiden juga harus menjaga iklim politik yang harmonis dengan berkampanye dengan mandat yang substansial, bukan mengandalkan sentimen ras atau agama, yang dapat mengancam persatuan bangsa, tambahnya.

Dia mengatakan bahwa dia akan menyambut debat di antara para kandidat serta ide-ide mereka untuk membuat Indonesia menjadi negara yang lebih baik.

“Perdebatan harus kita pastikan tidak memanas dan tidak diwarnai oleh sentimen ras, agama, dan etnis. Hal ini harus kita cegah serta politisasi agama yang merugikan kita alami dan sedang kita hindari,” ujarnya.

READ  Bestes Tarp 4X4 Wasserdicht Getestet und qualifiziert

Berita Terkait: Harapan media massa mengkomunikasikan aspek positif pemilu: KPU
Berita Terkait: MPR mendorong elemen bangsa mewujudkan Pemilu 2024 yang damai
Berita Terkait: Verifikasi anggota partai politik tugas berat: KPU

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor