Keberhasilan olahraga panjat tebing meningkatkan harapan kejayaan Olimpiade

Keberhasilan olahraga panjat tebing meningkatkan harapan kejayaan Olimpiade

Jakarta (ANTARA) – Keberhasilan atlet Indonesia di ajang International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup Jakarta 2022 memperkuat harapan timnas akan mendominasi Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari memuji prestasi atlet panjat tebing Indonesia di piala dunia sebagai indikasi bahwa Indonesia bisa mendominasi olahraga di Olimpiade 2024.

“Saya kagum dengan prestasi para atlet Indonesia di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Jakarta. Ini menjadi dorongan positif bagi kita semua untuk Olimpiade Musim Panas 2024,” kata Oktohari, menurut keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Selama piala dunia, Veddriq Leonardo dari Indonesia muncul sebagai juara umum dalam kategori panjat tebing setelah mengumpulkan total 4.455 poin, termasuk dari kemenangannya di dua sesi piala dunia sebelumnya di Seoul, Korea Selatan, pada 6-8 Mei dan Salt Lake. City, Amerika Serikat, pada 27–29 Mei.

Sementara itu, Kiroman Katibin dari Indonesia menempati posisi runner-up dengan total 4.080 poin.

Karena Indonesia juga menduduki peringkat teratas dalam kategori panjat tebing di piala dunia, Oktohari mengatakan dia optimis tim nasional akan mendominasi olahraga panjat cepat di Olimpiade.

Ia juga berharap agar tim panjat tebing Indonesia tidak hanya lolos tahap kualifikasi, tetapi juga mencapai kuota maksimal untuk Olimpiade. Tahap kualifikasi Olimpiade akan dimulai pada 2023.

“Disiplin panjat tebing untuk Olimpiade Paris akan dibatasi untuk 28 atlet putra dan putri, termasuk dua untuk tuan rumah, maka kami hanya memiliki 26 kuota untuk putra dan putri sedangkan masing-masing NOC dibatasi untuk mengirim dua atlet putra dan dua putri. Saya berharap Indonesia mengirimkan kuota hukum maksimal untuk Olimpiade,” kata Oktohari.

READ  Seperti Ini Gunung Berapi di World Lain

Panjat cepat akan menjadi cabang olahraga panjat tebing kedua yang ditampilkan di Olimpiade setelah diperkenalkannya format gabungan Boulder dan Lead di Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo.

Berita Terkait: Presiden harapkan medali emas cabang olahraga panjat tebing di Olimpiade 2024: FPTI
Berita Terkait: Federasi mencari bimbingan gubernur untuk sukses mendaki piala dunia
Berita Terkait: Indonesia Dominasi Speed ​​di IFSC Climbing World Cup

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor