Kekayaan Prajogo Pangestu Menurun, Bukan Lagi Orang Terkaya ke-3 di RI

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengusaha Prajogo Pangestu harus rela memberikan posisinya sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia kepada Sri Prakash Lohia yang saat ini memiliki kekayaan 5,2 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 76,44 triliun (kurs Rp 14.700 per dolar AS).

Hal ini terjadi karena kekayaan Prajogo terus merosot menyusul penurunan harga saham perusahaannya.

Mengutip data Forbes Real Time MillionairesHingga Kamis (3/9/2020), kekayaan Prajogo mencapai 5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 73,50 triliun.

Baca juga: Inilah 15 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2020

Dengan kekayaan sebesar itu, Prajogo menjadi orang terkaya nomor empat di Indonesia.

Jika dibandingkan akhir Juli 2020, kekayaan Prajogo mengalami penurunan yang cukup signifikan. Berdasarkan catatan Kontan.co.id, per 24 Juli 2020, kekayaan Prajogo adalah US $ 6,7 miliar.

Penurunan kekayaan Prajogo tidak terlepas dari penurunan harga saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT).

Dalam tiga bulan terakhir, harga saham BRPT anjlok 35,69 persen ke level Rp 820 per saham pada Kamis (3/9/2020). Prajogo tercatat menguasai 72,15 persen saham BRPT.

Baca juga: Dua wanita ini termasuk 50 orang terkaya di Indonesia, siapa sajakah mereka?

Sementara, kekayaan Sri Prakash justru menyusut. Pasalnya pada 24 Juli 2020 ia memiliki kekayaan US $ 5,4 miliar.

Namun penurunan hartanya tidak sedalam Prajogo.

Di sisi lain, aset duo Djarum yang berada di urutan pertama dan kedua justru mengalami peningkatan, seiring dengan kenaikan harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Saat ini kekayaan Robert Budi Hartono sebesar 18,9 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 277,83 triliun dan adiknya Michael Bambang Hartono sebesar 18,1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 266,07 triliun.

READ  Anda bisa menikmati token listrik gratis untuk bulan September 2020, begini caranya

Di tempat kelima ada Dato ‘Sri Tahir yang memiliki kekayaan 4,2 miliar dolar AS dan keenam ada Chairul Tanjung dengan total kekayaan 3,7 miliar dolar AS.

Baca juga: Pemilik Djarum ini masih menjadi orang terkaya versi Forbes 2020 di Indonesia

Orang terkaya ketujuh adalah Martua Sitorus dengan kekayaan 1,9 miliar dolar AS, kedelapan, Peter Sondakh dengan kekayaan 1,7 miliar dolar AS.

Mochtar Riady berada di urutan kesembilan dengan kekayaan 1,6 miliar dolar AS dan di urutan kesepuluh ada Sukanto Tanoto dengan total kekayaan 1,6 miliar dolar AS. (Saya tahu Laoli)

Berita ini telah dimuat di Kontan.co.id dengan judul: Kekayaan Prajogo Pangestu menyusut, posisinya tergeser dari orang terkaya ke-3 di Indonesia

Written By
More from Masud Madani

Mungkinkah Ada Kehidupan di Planet Venus Cloud?

Ilmuwan menemukan fosfin di Venus, di Bumi zat ini berasosiasi dengan mikroba....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *