Kemendagri promosikan pemanfaatan Waterfront Labuan Bajo untuk ruang budaya

Kemendagri promosikan pemanfaatan Waterfront Labuan Bajo untuk ruang budaya

Di sepanjang waterfront terdapat Kampung Air dan Kampung Baru yang juga telah menyiapkan fasilitas akomodasi wisata dengan view sunset dari Waterfront City.

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong pemanfaatan Labuan Bajo Waterfront City di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai ruang publik kegiatan budaya dan ekonomi kreatif.

“Sesuai arahan Presiden (Joko Widodo), kami akan banyak menggelar kegiatan budaya, festival, dan event pariwisata untuk mengoptimalkan pemanfaatan ruang terbuka dan mempromosikan Labuan Bajo sebagai destinasi yang menawarkan berbagai kegiatan,” Direktur Utama kata Shana Fatina dari Badan Otoritas Pariwisata Flores Labuan Bajo (BPOLBF) kementerian di sini, Minggu.

Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Marina Labuan Bajo yang diberi nama Waterfront City Labuan Bajo diresmikan oleh presiden pada Kamis (21 Juli 2022).

Selain kegiatan budaya, kawasan ini akan digunakan sebagai pusat komando dan pusat informasi pariwisata, sehingga akan menjadi hub tujuan wisata lainnya di seluruh Provinsi NTT, seperti yang ada di Pulau Flores, Pulau Lembata, dan Pulau Alor.

Dirut BPOLBF mengatakan, upaya tersebut bertujuan untuk menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata yang berkualitas.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak banyak pemangku kepentingan lainnya untuk mengoptimalkan pemanfaatan Waterfront, sehingga Labuan Bajo dapat menjadi pintu gerbang untuk mendorong kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif lokal.

Lebih lanjut, pihaknya akan bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan dalam pemanfaatan kawasan wisata yang terbagi dalam lima zona lintasan sepanjang 4,5 kilometer yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan publik.

Zona pertama adalah kawasan promenade di Bukit Pramuka, sedangkan zona kedua akan digunakan untuk membuat promenade di Kampung Air.

READ  Warga Indonesia memberikan penghormatan kepada putra gubernur yang ditemukan tewas di sungai Swiss - Nusantara

Sedangkan plaza, menara pandang, ruang publik, dan terminal penumpang akan dibangun di zona ketiga.

Selanjutnya, zona keempat disiapkan untuk pembangunan promenade yang akan menjadi bagian dari plaza hotel milik negara, sedangkan zona kelima akan digunakan untuk mengembangkan kawasan kuliner dan promenade dengan struktur kantilever.

“Sepanjang waterfront ada Kampung Air dan Kampung Baru yang juga sudah menyiapkan fasilitas akomodasi pariwisata dengan view sunset dari Waterfront City,” tambah Fatina.

Berita Terkait: Pembangunan infrastruktur akan mendongkrak pariwisata di Labuan Bajo: menteri
Berita Terkait: Pemilik Homestay Tawarkan Menginap Gratis kepada Jokowi di Labuan Bajo
Berita Terkait: Pemerintah berupaya menarik 1 juta wisatawan ke Labuan Bajo

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor