Kemenpar siapkan 15 posko saat libur lebaran

Kemenpar siapkan 15 posko saat libur lebaran

Kami harus memastikan penggunaan bus wisata yang aman dan nyaman bagi para pelancong

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah menyiapkan 15 posko mudik selama libur Idul Fitri mulai dari Lampung hingga Jawa Timur.

Menhub berharap posko mudik bisa menjadi tempat peristirahatan para pemudik sebelum melanjutkan perjalanan.

“Pada posko mudik, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan membagikan 1.200 voucher kepada pemudik sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang telah berperan dalam mendorong kebangkitan ekonomi,” katanya dalam keterangannya, Senin.

Selanjutnya disiapkan jalur alternatif atau jalur lintas selatan (JLS) untuk destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk sektor kuliner.

Saat ini, pihaknya bersama Dinas Pariwisata Pemda yang berada di jalur lintas selatan sedang menyusun rencana perjalanan yang memuat potensi wisata dan fasilitas bagi pemudik untuk memanfaatkan jalur tersebut secara maksimal.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga telah membentuk tim monitoring dan evaluasi selama libur lebaran. Surat imbauan kepada Kepala Dinas Pariwisata untuk memantau kunjungan wisatawan dan memberikan laporan mengenai kondisi kunjungan ke destinasi wisata sudah diberikan,” ujarnya.

Selain itu, kementerian bersama pemangku kepentingan terkait akan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menggunakan bus pariwisata.

“Kita harus memastikan penggunaan bus wisata yang aman dan nyaman bagi pemudik,” tegas Menkeu.

Berita Terkait: Menhub minta biro perjalanan gencar promosi desa wisata

Uno mencatat, mudik lebaran 2022 menjadi momentum kebangkitan ekonomi daerah karena omzet ekonomi diperkirakan menembus Rp72 triliun.

Pemudik yang juga wisatawan akan berbelanja untuk keperluan rekreasi, akomodasi, konsumsi, serta membeli oleh-oleh yang berhubungan langsung dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah tersebut.

READ  Mantan Dirut Garuda divonis satu tahun penjara karena penyelundupan Harley Davidson

“Saya melihat ini sebagai potensi kita ke depan untuk bangkit, membuka peluang usaha, dan menciptakan lapangan kerja,” kata Uno.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebelumnya meninjau kesiapan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) di Magelang, Jawa Tengah, Kamis, dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

“Saya mengunjungi destinasi wisata prioritas agar pengunjung bisa berkunjung ke Candi Borobudur saat libur Idul Fitri. Ini karena sudah dua tahun masyarakat tidak bisa mengunjungi tempat wisata ini,” kata Wapres.

Berita Terkait: G20 sebuah platform untuk mempromosikan pariwisata lokal, produk: Menteri Uno

Sejumlah wisatawan diperkirakan akan berkunjung ke Candi Borobudur saat libur Idul Fitri 2022.

Untuk itu, pihak pengelola telah menyiapkan segalanya untuk menyambut wisatawan, mulai dari akses masuk hingga ekosistem sekitar.

“Berbagai fasilitas ekosistem telah dibangun dengan baik sebagai destinasi prioritas. Tempat pengembangan UMKM juga diatur,” kata Wapres.

Dalam kesempatan itu, Wapres didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan kabar terbaru tentang segala persiapan yang dilakukan secara memadai, kecuali pemindahan UMKM ke tempat khusus.

“Ini agar mungkin dalam waktu dekat sudah tersedia dan untuk memastikan ekosistem dan juga tempat tinggal masyarakat atau homestay juga sudah tertata,” ujarnya.

Berita Terkait: Pemerintah perpanjang PPKM di luar Jawa, Bali hingga 9 Mei

Berita Terkait: Kemendagri keluarkan surat edaran untuk mengatur pertemuan Idul Fitri

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor