Kementerian AL melakukan budidaya tanaman pesisir untuk mitigasi dampak tsunami

Kementerian AL melakukan budidaya tanaman pesisir untuk mitigasi dampak tsunami

TEMPO.CODan JakartaKementerian Kelautan dan Perikanan telah melakukan pembudidayaan tanaman pesisir sebanyak 6.300 bibit di lima lokasi di wilayah Bessir Selatan, Sumatera Barat, untuk meningkatkan ketahanan wilayah pesisir terhadap tsunami bencana.

Dalam siaran pers yang diterima, Rabu, Pj Dirjen Kelautan Kementerian Luar Angkasa Suhariantu mencatat bahwa sebagian pantai Indonesia rentan terhadap bencana tsunami.

Suhariyanto mencatat, pantai barat Sumatera, Jawa Selatan, Nusa Tenggara Selatan, Kepulauan Maluku, sebagian Sulawesi, serta Papua yang pantainya didominasi pasir dengan gelombang laut besar rentan terhadap gelombang pasang.

Oleh karena itu, Suharyanto mengamati bahwa vegetasi non-mangrove, seperti cemara laut, kelapa dan ketapang (Terminalia catappa), dianggap lebih cocok untuk tujuan pertanian.

Ia menjelaskan, “Masalah bencana yang menimpa wilayah pesisir harus menjadi perhatian pemerintah, sehingga risiko bencana dapat dikurangi, terutama bagi penduduk yang tinggal di wilayah pesisir. Oleh karena itu, Kementerian Kelautan membudidayakan tanaman pesisir di Bessir Selatan. wilayah.”

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembentukan vegetasi pantai dengan intensitas tertentu akan membentuk jalur hijau yang memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

Dia menekankan bahwa sabuk hijau memberikan keuntungan nyata pada tingkat lingkungan dan ekonomi. Untuk daerah rawan tsunami, tunjangan akan meningkat jika sabuk dirancang untuk memitigasi tsunami.

Gempa kembar tersebut dibangkitkan di pantai barat Sumatera oleh Mentawai Megathrust, Mentawai Fault System (MFS) dan Sumatera Fault System, atau lebih dikenal dengan sebutan Dia menunjuk ke Sesar Besar Sumatera.

Kesalahan aktif ini telah menyebabkan beberapa tsunami Seperti tahun 2009 di pantai Padang dan tahun 2010 di Pulau Mentawai.

Direktur Eksploitasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Mohamed Youssef, menyoroti lima situs ilegalbakau Vegetasi pantai banyak terdapat di Kecamatan Bessir Selatan Kecamatan Nagari Sago Salido, Desa Muara Anakan, Desa Sungai Tawa, Kecamatan Nagari Nyiur Melambai, dan Kecamatan Nagari Muara Kandis Punggasan.

Dia mencatat, “Dengan mempertimbangkan fakta bahwa pantai berpasir membentuk substrat lokal, jenis vegetasi yang ditanam adalah cemara laut. Cemara laut juga mendominasi area budidaya target.”

Baca juga: Gempa kuat di Alaska. BMKG: Tidak ada peringatan tsunami di Indonesia

di dalam

READ  Bestes Gpunkt Vibratoren Für Sie Getestet und qualifiziert

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor