Kementerian Alokasikan Rp4,1 Miliar untuk Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin

Kementerian Alokasikan Rp4,1 Miliar untuk Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin

TEMPO.CO, JakartaKementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,1 miliar untuk program bantuan hukum bagi miskin masyarakat di Jawa Timur yang akan disalurkan melalui 65 pemberi bantuan hukum (PBH) terverifikasi.

Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Wisnu Nugroho Dewanto berpesan agar para pemberi bantuan hukum dapat memanfaatkan anggaran dengan baik.

“Anggaran sebesar Rp4,1 miliar itu akan dibagi dua, satu untuk bantuan litigasi sebesar Rp3,4 miliar dan sisanya untuk bantuan nonlitigasi. Ada 65 PBH yang berhak memanfaatkan anggaran, dan Nilainya tergantung akreditasi masing-masing PBH,” jelasnya di Surabaya, Sabtu.

Saat ini ada 48 PBH dengan akreditasi C, 14 PBH dengan akreditasi B, dan tiga PBH dengan akreditasi A, ujarnya.

“Kami akan melakukan evaluasi setiap tiga bulan sekali. Jika tidak memenuhi target maka anggaran akan dialihkan ke lembaga bantuan hukum yang kinerjanya lebih baik,” tambah Dewanto.

Dia mengatakan PBH telah menandatangani kontrak dan perjanjian kinerja dengan Kanwil Jawa Timur kementerian.

Langkah tersebut ditempuh dengan mengoptimalkan penyaluran anggaran bantuan hukum bagi masyarakat miskin oleh kementerian, jelasnya.

Menurut Dewanto, pihaknya telah menerapkan sistem reward and punishment dalam pengelolaan anggaran bantuan hukum bagi masyarakat miskin.

“Semuanya sudah terotomatisasi melalui Aplikasi Sistem Informasi Basis Data Bantuan Hukum (SIDBanKum). Data penyerapan anggaran dan kinerja PBH dapat dicek secara real time,” jelasnya.

Oleh karena itu, setelah penandatanganan perjanjian, ia mendesak pimpinan atau direksi PBH untuk segera menjalankan kegiatannya, sesuai dengan hak dan kewenangannya untuk membantu masyarakat. miskin menghadapi masalah hukum.

Bantuan hukum merupakan upaya untuk melindungi warga negara dan menjamin hak asasinya serta akses terhadap keadilan dan persamaan di depan hukum, kata Dewanto.

READ  Vaksin melindungi masa depan generasi muda di Indonesia

Membaca: Indonesia Fokus pada Program Kemiskinan Ekstrim, Pengangguran di 2023

ANTARA

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor