Kenali Metode Pengobatan Dengan Teknik Sujok

mediabogor.com, Bogor – Ada bermacam cara menyembuhkan segala penyakit baik pengobatan modern maupun pengobatan alternatif. Salah satu metode pengobatan yang bisa dicoba ialah metode Sujok. Metode yang berasal dari Korea Selatan ini, menggunakan teknik pemijatan telapak tangan dan kaki yang dipadukan dengan biji-bijian bumbu dapur.

“Apakah itu Sujok? Sujok adalah dua kata yang dalam bahasa korea artinya “Su” yang berarti telapak tangan dan “Jok” yang berarti telapak kaki. Penemunya adalah seorang Scientis bernama Prof. Park Jae Woo.

Dikatakan salah satu trainer, Heriza Budiman, Sujok sudah dikenalkan sejak 1984 dan telah berkembang di seluruh dunia hingga saat ini. Pengembangan awalnya di Eropa Timur yakni di Rusia, Kazakistan, Belarusia, dan daerah lainnya. Bahkan, pada peristiwa ledakan chernobi di Rusia, banyak korban akibat peristiwa itu, bisa disembuhkan dengan metode ini.

“Kota Bogor adalah kota pertama diadakannya pertemuan ini. Peserta yang hadir tidak hanya dari Jabodetabek tapi ada juga yang dari luar pulau seperti dari Kota Samarinda. Istimewanya, turut hadir pula dalam kegiatan ini, Master Trainer ISA dari India, Madam Bhupinder Kaur
Swinder Chadha,” ungkapnya di sela acara free Sujok Introductory Course, yang dilangsungkan di Jl. Tumanggung Wiradiredja, Bogor Utara, Kota Bogor, Minggu (10/3/19). (Nick)