Klinik Mata dr. Hasri Ainun Habibie, Sumbangsih B.J Habibie di Kota Bogor

mediabogor.com, Bogor – Sosok Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J Habibie) tidak pernah lepas dari sang istri tercinta, Hasri Ainun Habibie. Di Kota Bogor, terdapat klinik yang diberi nama Klinik Mata dr. Hasri Ainun Habibie di Gedung P4K, Jalan Sumeru, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Pengurus Perkumpulan Penyantun Mata Tuna Netra Indonesia (PPMTI) Bank Mata Indonesia sepakat mengabadikan nama Hasri Ainun Habibie untuk mengenang jasa-jasa dan dedikasi almarhumah Hasri Ainun Habibie.

Dikatakan oleh dr.Purnama, salah satu dokter di klinik tersebut, bahwa klinik ini didirikan atas keinginan dari almarhumah Hasri Ainun Habibie yang sangat memperhatikan kepentingan masyatakat khususnya dalam hal kesehatan.

“Pemberian nama ini juga sudah mendapatkan ijin dari Bapak B.J.Habibie yang mendukung dan mensuport istrinya. Arti nama tersebut ternyata sangat tepat dan memberi makna yang dalam bagi klinik ini,” kata Purnama.

Ia menceritakan, ketika itu, Ainun Habibie terpukau melihat penyakit mata bisa diantisipasi dan diobati.

“Kami selalu mengadakan rapat dikediaman beliau di Kuningan. Beliau sebagai ketua bang mata Indonesia PKMTI sangat antusias ketika tahu katarak bisa dicegah. Bahkan si pasien bisa beraktifitas kembali. Kemudian Bu Ainun tanya ke saya bisa tidak dipakai untuk klinik, saya jawab bisa bu,” ucapnya.

Setelah itu, sambungnya, tim dari bank mata yang sekarang bernama klinik mata pun intens melakukan pertemuan dengan Ainun dan Habibie di Kuningan. Tak hanya itu, Pak Habibie juga aktif menyumbangkan pikiran dan materil bersama para koleganya untuk membangun klinik.

“Waktu itu, kita rapat dengan tim dan dari Kemenkes juga mencari nama yang pas. Kemudian Pak Habibie tanya boleh tidak kalau kita namakan saja Ainun terus saya bilang boleh. Nama Klinik dr Hasri Ainun Habibie diberikan Habibie sebagai rasa cintanya kepada Ainun Habibie,” ungkapnya.

Selain menjadi sarana pelayanan kesehatan, Klinik Mata dr. Hasri Ainun Habibie ini juga menjadi sarana pembelajaran bagi dokter spesialis mata. (*/Nick)