Komentar: Orang Indonesia ingin kepastian tentang demokrasi, bukan istilah ketiga Joko Widodo

Komentar: Orang Indonesia ingin kepastian tentang demokrasi, bukan istilah ketiga Joko Widodo

Platform anti-korupsi dan latar belakangnya yang sederhana membuatnya menjadi favorit rakyat, dan dia menang dengan nyaman dengan perolehan suara 53,15 persen melawan lawannya Prabowo Subianto 46,85 persen pada 2014. Dia memperbaiki kinerjanya sendiri pada 2019, dengan 55,5 persen. suara melawan 44,5 persen Prabowo.

MULAI TIDAK RESMI UNTUK PEMILU INDONESIA 2024

Dengan kurang dari dua tahun lagi sebelum pemilu 2024, awal tidak resmi musim kampanye di Indonesia jelas di sini. Widodo yang baru saja keluar baru-baru ini untuk secara paksa menutup spekulasi tentang tujuannya adalah sebagian yang harus disalahkan atas meningkatnya kecemasan di antara orang Indonesia bahwa demokrasi yang mereka peroleh dengan susah payah mungkin akan mundur.

Pada Agustus 2021, pengamat telah mencatat momentum yang berkembang di antara beberapa pendukung Wido untuk mendorong perubahan konstitusi yang memungkinkan masa jabatan ketiga.

Terlepas dari upaya “Jok-Pro 2024”, sebuah kelompok lobi yang memperjuangkan tiket gabungan Widodo-Prabowo, jatuh datar, orang Indonesia sangat menyadari bahwa kelompok minoritas pialang kekuasaan akan terus memperjuangkan perpanjangan atau bahkan mungkin kembali ke perjanjian tidak langsung. pemilu Presiden.

Apa pun ambisi pribadinya, dan betapapun sulitnya memerintah Indonesia selama pandemi, Widodo sebaiknya mendengarkan keluhan para mahasiswa dan memberi contoh bagi semua yang mengikutinya ke Istana Merdeka.

Masa jabatan ketiga baginya sebagai presiden adalah non-starter, dan jika dia belum secara jelas mengidentifikasi penggantinya, mungkin sekarang saatnya untuk mempertimbangkan cara terbaik untuk menjadi raja bagi kandidat yang akan melestarikan warisannya.

Julia Lau adalah Editor Fulcrum dan sarjana non-residen dari Pusat Studi Asia Universitas George Washington. komentar ini penampilan pertama di blog ISEAS-Yusof Ishak Institute, Fulcrum.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor