KPK selidiki Krakatau Steel setelah komentar menteri BUMN soal korupsi

KPK selidiki Krakatau Steel setelah komentar menteri BUMN soal korupsi

Jakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu membenarkan bahwa pihaknya telah menerima pengaduan dugaan korupsi di Perusahaan Krakatau Steel milik negara yang pertama kali dilaporkan oleh seorang menteri.

Sehari sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Eric Thohir secara terang-terangan menuduh ada permainan ilegal di Krakatau Steel saat menyampaikan keprihatinannya terhadap perusahaan yang terlilit utang itu.

“Krakato Steel memiliki utang sebesar $2 miliar, antara lain, investasi $850 juta dalam proyek tanur sembur yang telah dihentikan hingga saat ini,” kata Eric dalam webinar.

“Ini tidak baik dan itu pasti mengindikasikan korupsi.”

Menteri berjanji untuk mengambil tindakan hukum dan membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan untuk “memperbaiki praktik bisnis ilegal.”

Seorang juru bicara KPK mengatakan komisi akan meluncurkan penyelidikan berdasarkan informasi tersebut.

“Memang benar KPK menerima laporan itu dan kami jamin setiap informasi akan mendapat tanggapan,” kata Ali Fikri.

“Pertama-tama kami perlu memverifikasi dan memeriksa semua data yang disebutkan dalam laporan untuk memastikan bahwa dugaan korupsi berada di bawah wewenang kami untuk menyelidiki,” tambah juru bicara itu.

Dia tidak secara khusus menyebutkan nama orang yang mengajukan pengaduan, dengan mengatakan bahwa badan tersebut telah membentuk sistem terintegrasi yang memungkinkan pelapor untuk secara rahasia melaporkan dugaan praktik korupsi di lembaga pemerintah, perusahaan pemerintah, dan bisnis kota.

Selmi Karim, Presiden Direktur Krakatau, mengatakan investasi proyek tanur sembur itu dimulai pada 2008, dan konstruksi dimulai pada 2012.

Dia mengatakan bahwa utang saat ini terakumulasi dalam periode 2011 hingga 2018 sebelum dia mengambil alih kursi presiden perusahaan pada akhir 2018.

Tanda-tanda praktik penipuan atau korupsi di masa lalu pasti akan menarik perhatian manajemen. “Ketika saya bergabung dengan perusahaan, fokus saya adalah bagaimana mencari solusi dan melakukan upaya untuk menyelamatkan Krakatau Steel terlebih dahulu,” kata Selmi dalam sebuah pernyataan menanggapi komentar Eric.

READ  Sedikitnya enam orang tewas, banyak yang hilang setelah sebuah feri penumpang tenggelam di lepas pantai Bali di Indonesia

Dia menambahkan, utang tersebut terjadi karena beberapa investasi besar belum memberikan hasil.

Silmy mengklaim bahwa di bawah kepemimpinannya, perusahaan mampu merestrukturisasi utangnya, secara signifikan mengurangi pembayaran bunga dan meningkatkan arus kas.

“Masalah di Krakatau Steel sudah kami selesaikan satu per satu, karena dulu perusahaan tidak bisa untung dan tidak efisien sementara banyak proyek yang belum selesai,” katanya.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor