Kucing Peliharann Kedapatan Terjangkit Penyakit Kulit Saat Vaksin Rabies

Jakarta: Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat mendapati sejumlah kucing milik warga di RW 03 Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat, tertular penyakit kulit atau scabias. Penemuan saat petugas memberikan vaksinasi hewan penular rabies (HPR) gratis.

“Itu penyakit menular ke manusia jika kena kita akan merasakan gatal pada kulit manusia,” ucap pelaksana tugas (Plt) Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Suharini Ellyawati di lokasi vaksinasi, Senin, 31 Agustus 2020.



Suharini menuturkan kucing yang kedapatan menderita sakit kulit langsung diberikan vaksin scabias. Mereka bisa mendapat vaksinasi rabies setelah penyakit kulitnya sembuh.

“Kita minta kepada warga jaga kebersihan hewan juga, berikan makanan yang baik,” ucap dia.

Suharini menyebut pihaknya memberikan vaksin rabies kepada 55 ekor kucing dan tiga ekor anjing milik warga Kelurahan Menteng pada kegiatan kali ini. Pihaknya juga melakukan jemput bola.

“Warga yang punya hewan peliharaan sampai 10 ekor, kita yang datang ke rumahnya,” ucap dia.
&#13
 &#13

 

Sudin KPKP Jakarta Pusat telah memberikan vaksin rabies kepada 1.968 hewan hingga akhir Agustus 2020. Rinciannya, 618 ekor anjing, 1.337 ekor kucing, delapan ekor kera, dan lima ekor musang dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Senen, Kecamatan Tanah Abang, dan Kecamatan Menteng.

Suharini mengakui jumlah ini jauh dari capaian pada 2019 yang mencapai 6.190 hewan. Pengurangan lantaran pandemi korona (covid-19). Kegiatan vaksinasi rabies ini rutin dilakukan.

“Jadi memang ini vaksin free of charge dan rutin yang sifatnya pengulangan setiap setahun sekali. Nanti kita akan lakukan hal serupa Agustus 2021,” ucap dia.

(REN)&#13
&#13
&#13


READ  Penelitian tentang fosil cangkang Foram terkait dengan iklim lautan Bumi purba

More from Shakeel Mohiuddin

Samsung Galaxy Tab S7|S7+ Pill untuk Bekerja, Berkreasi, dan Bermain

JAKARTA, investor.id – Di masa new normal, hampir semua kegiatan dilakukan by way...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *