Kunci ‘Gotong royong’ wujudkan ketahanan bencana: menteri

Kunci ‘Gotong royong’ wujudkan ketahanan bencana: menteri

Misalnya Provinsi Bali sebagai tuan rumah Sidang ke-7 GPDRR memiliki filosofi Tri Hita Karana…

Badung, Bali (ANTARA) – Kerja sama pentahelix berbasis komunitas (lokal disebut .) gotong royong) menjadi vital untuk mewujudkan ketahanan bencana di Indonesia, kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

“Kami menekankan pentingnya kolaborasi pentahelix, yang mencakup kerjasama dari pemerintah, masyarakat, pelaku usaha, akademisi, dan media,” ujarnya dalam konferensi pers terkait pembukaan Sesi ke-7 Global Platform for Disaster Risk Reduction. (GPDRR) di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu.

Kolaborasi tersebut diimplementasikan di tingkat masyarakat melalui berbagai program, seperti Tim Siaga Bencana dan Desa Tangguh Bencana, tambahnya.

“Indonesia memiliki banyak kearifan lokal terkait mitigasi bencana. Misalnya Provinsi Bali sebagai tuan rumah Sidang ke-7 GPDRR memiliki filosofi Tri Hita Karana, atau keseimbangan hubungan manusia dengan Tuhannya, sesama manusia. , dan alam,” ujarnya.

Penyelenggaraan forum internasional tersebut dapat membantu pemulihan sosial ekonomi di Indonesia dan meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya pengurangan risiko bencana.

“Oleh karena itu, melalui forum tersebut, Indonesia mendorong para pemimpin dunia untuk bekerja sama dalam mengatasi berbagai tantangan global, seperti perubahan iklim dan pandemi,” kata Menko.

Sidang ke-7 GPDRR akan dihadiri 8.050 delegasi dari 193 negara. Setidaknya 4.821 delegasi akan hadir secara langsung, sementara 3.229 delegasi akan bergabung dalam forum secara virtual.

Selanjutnya, untuk menjaga warisan penyelenggaraan forum internasional tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan akan berupaya mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Selain itu, pada 2022 hingga 2023, kementerian akan menanam 10 juta pohon di 34 provinsi di seluruh Indonesia bekerja sama dengan instansi lain, instansi, pemerintah daerah, mahasiswa, akademisi, pelaku bisnis, media lokal, serta komunitas.

READ  Jokowi mengucapkan selamat kepada semua pihak atas suksesnya MotoGP Mandalika

Berita Terkait: Anggota G20 harus berkolaborasi untuk memulihkan tenaga kerja global: Menteri

Berita Terkait: Pemerintah menghapus aturan vaksinasi Gotong Royong untuk inokulasi berbayar

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor