M Ihsan Ramadhan, Qari Cilik Asal Bogor Yang Mendunia

mediabogor.com, Bogor – Meski masih duduk di bangku kelas IV Sekolah Dasar, namun, suara merdu Muhammad Ihsan Ramadhan dalam melantunkan ayat suci Alquran berhasil membawa nama Indonesia di mata dunia dengan menjadi juara pertama dalam ajang Musabaqah Internasional Tijan An Noor di Doha, Qatar pada 9-19 Maret 2019 lalu. Di ajang itu, Qori cilik asal Kabupaten Bogor yang akrab dipanggil Ihsan ini, berhasil menyisihkan para peserta yang berasal dari 15 negara lain.

Ihsan, lahir dan dibesarkan di Pondok Pesantren Haqqotilawah di Desa Situ Daun, Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Pesantren ini diasuh oleh KH Ade Ahmad Farid, yang juga merupakan ayah dari Ihsan.

Kepada mediabogor.com, ayahanda Ihsan, Kiai Ade mengatakan, prestasi Ihsan tidak hanya membuat keluarga bangga. Namun lebih dari itu, menjadi berkah atas doa dari para guru Ihsan.

“Semoga bisa terus berkarya untuk mengharumkan nama Indonesia,” kata Kiai Ade, Minggu (24/3/19).

Ihsan merupakan anak pertama dari empat bersaudara pasangan Kiai Farid dan Nurfadhilah. Sejak kecil, Ihsan sudah akrab dengan lantunan merdu ayat Alquran.

Sebelumnya, Ihsan pernah menorehkan banyak prestasi. Beberapa di antaranya seperti Juara 3 Murottal Putra STQ Jawa Barat 2017, Harapan 2 Tilawah Anak-anak STQ Nasional Kalimantan Utara 2017, Juara 2 Semesta Bertilawah MNC TV 2017.

Selain itu, dia juga menyabet Juara 1 Tilawah Anak-anak MTQ Provinsi Jawa Barat 2018, Juara 1 Tilawah Anak-anak MTQ Nasional JQH NU Jabar 2018, Juara 3 Tilawah Anak-anak MTQ Nasional Medan Sumatera Utara 2018.

“Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan semuanya, Ihsan diberi kesempatan jadi juara satu. Terima kasih ya semuanya,” ujar Ihsan yang berharap prestasinya itu bisa memotivasi para qori cilik di seluruh Indonesia. (Nick)