Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa undang-undang penciptaan lapangan kerja tidak konstitusional

Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa undang-undang penciptaan lapangan kerja tidak konstitusional

Jakarta (Antara) – Mahkamah Konstitusi Indonesia pada Kamis memutuskan bahwa Undang-Undang Penciptaan Lapangan Kerja tidak konstitusional dan memerintahkan pemerintah untuk mengubah sebagian dari undang-undang kontroversial tersebut dalam waktu dua tahun.

“Itu (undang-undang) bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak memiliki kewajiban hukum bersyarat selama tidak ditafsirkan sebagai ‘tidak ada perubahan dalam dua tahun sejak putusan’,” kata Ketua Hakim Anwar Othman saat membacanya. Putusan itu disiarkan di saluran YouTube anggota Knesset dan ditonton di sini pada hari Kamis.

Dia menambahkan bahwa undang-undang tersebut akan tetap berlaku sampai pemerintah dan anggota parlemen meninjau beberapa bagian dari undang-undang tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan.

Dia mengatakan bahwa jika perubahan tidak dilakukan dalam waktu dua tahun, undang-undang tersebut akan dianggap inkonstitusional secara permanen.

“Jika amandemen tidak dapat dilakukan dalam waktu dua tahun, maka undang-undang atau pasal yang telah dicabut atau diubah berdasarkan UU Cipta Kerja harus dihidupkan kembali,” tambahnya.

Pengadilan juga memerintahkan penangguhan setiap langkah atau kebijakan strategis yang berdampak luas, serta penerbitan peraturan baru terkait UU No. 11/2020 tentang penciptaan lapangan kerja.

Undang-undang tersebut, yang disahkan tahun lalu dan mengarah pada peninjauan lebih dari 70 undang-undang yang ada, telah memicu protes di seluruh Indonesia dan keluhan bahwa undang-undang itu merusak hak-hak pekerja dan perlindungan lingkungan.

Putusan itu menggambarkan cara undang-undang itu ditangani sebagai cacat prosedural.

Berita Terkait: Undang-undang penciptaan lapangan kerja menyambut lebih banyak investor asing: Duta Besar Polandia
Berita Terkait: Pekerja berusaha untuk mencabut Undang-Undang Penciptaan Lapangan Kerja pada 1 Mei Maret

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor