Manfaatkan musuh alami, pengendalian hama paling ekonomis …

Memuat…

Jakarta Kontrol biologis keberanian Serangga dengan menggunakan “musuh alami” untuk mencegah hama telah menyelamatkan petani di Asia dan Pasifik miliaran dolar. Demikian disampaikan dalam penelitian University of Queensland (UQ).

Chris Wickhuys dari Fakultas Ilmu Biologi Universitas Queensland mengatakan bahwa pengendalian biologis dilakukan dengan cara melepaskan musuh alami dari rumah asal hama tersebut. Para ilmuwan dengan hati-hati memilih serangga menguntungkan yang paling efektif yang menyebabkan gangguan lingkungan paling sedikit. (Baca: Pentingnya mengajarkan makanan dan perilaku kepada anak-anak)

“Kami meninjau bagaimana mengelola secara efektif pengenalan kontrol biologis 43 keberanian Serangga dalam makanan, hijauan dan serat tumbuhan, telah ada di kawasan Asia-Pasifik selama seabad, ”kata Wickhuys, mengutip Scitechdaily.

Tim menemukan bahwa pengendalian biologis membantu mengatur risiko hama pada berbagai tanaman pangan utama, seperti pisang, sukun, dan kelapa. Teknologi ini menghemat petani di Asia antara $ 14,6-19,5 miliar per tahun.

“Ini jumlah uang dan keuntungan yang sangat besar, apalagi jika dibandingkan dengan inovasi lain di sektor pertanian,” tambahnya.

Wickhoose mencatat bahwa Revolusi Hijau di Asia pada akhir 1960-an dapat melipatgandakan produksi beras dalam negeri. Hal ini ditandai dengan meningkatnya penggunaan pupuk kimia, bahan kimia pertanian dan metode pertanian modern.

“Sebagian besar dampak Revolusi Hijau dapat dikaitkan dengan berbagai hasil varietas padi, yang menghasilkan $ 4,3 miliar per tahun di Asia,” katanya. (Baca juga: 5 tips menjaga ketahanan tubuh saat banjir)

Asisten profesor Universitas Queensland Michael Furlong mengatakan bahwa pengendalian biologis yang berhasil dapat menghasilkan pertanian yang lebih tangguh dan makmur secara global. Pengendalian biologis memberikan peluang yang signifikan bagi beberapa petani termiskin di dunia.

Written By
More from Hamal Hamid

Radiasi di Bulan 200 kali lebih tinggi daripada di Bumi

Jakarta, CNN Indonesia – Studi terbaru mengubah tingkat radiasi Bulan 200 kali...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *