Mars memiliki danau bawah tanah dengan air yang melimpah

Mars memiliki danau bawah tanah dengan air yang melimpah


Sekarang tampaknya sisa-sisa air yang pernah ada di permukaan Mars tersembunyi di bawah tanah selama jutaan hingga milyaran tahun. Para ilmuwan baru-baru ini menemukan beberapa danau kecil berisi air yang tersembunyi di bawah permukaan kutub selatan Planet Merah.

Selama beberapa dekade, para ilmuwan memperkirakan bahwa ada air yang tersimpan di bawah permukaan Mars. Pada 2018, para ilmuwan menemukan bukti danau sepanjang 19 kilometer yang tersembunyi di bawah es 1,5 kilometer di kutub selatan Mars.

Saat itu, para ilmuwan mengatakan pencarian sumber air ini dapat memberikan wawasan baru tentang kemungkinan adanya kehidupan di Mars. Tetapi mereka memiliki lebih banyak pertanyaan daripada jawaban tentang asal, komposisi, dan umur panjang danau dan perairan ini.

Baca juga:
Ternyata ada tanda-tanda kehidupan alien di planet ini
Ternyata ada gunung berapi aktif di Venus
Ilmuwan telah menemukan dua planet yang melakukan “ tarian gravitasi ”

Dalam studi terbaru ini, para ilmuwan menggunakan radar MARSIS untuk mengetahui lebih lanjut tentang perairan yang tersembunyi tersebut. Radar adalah salah satu alat yang dibawa oleh pesawat luar angkasa Mars Express milik Badan Antariksa Eropa.

Seperti yang kami laporkan dari Antariksa via detikINET, Rabu (30/9/2020), alat tersebut digunakan untuk survei seluas 250 x 300 km yang mengelilingi danau bawah tanah. Para ilmuwan kemudian menganalisis data radar ini menggunakan teknik yang digunakan sebelumnya untuk mendeteksi danau di bawah gletser Antartika.

Dalam studi yang diterbitkan di Nature Astronomy, tim ilmuwan memastikan keberadaan air di danau yang telah diamati sebelumnya. Ukurannya diperkirakan 20 x 30 km.

Ahli geofisika University of Rome Tre dan rekan penulis studi tersebut, Elena Bettinelli, mengatakan timnya tidak dapat mengetahui seberapa dalam danau itu karena gelombang Radio Marses tidak dapat menembus air asin.

READ  Cari tahu tentang Anjing Robot NASA yang telah dikirim ke Mars

Selain satu danau besar, Bettinelli dan timnya mengidentifikasi tiga danau lain berukuran sekitar 10 kali 10 km. Danau-danau kecil ini dipisahkan dari danau utama oleh sederet bebatuan kering.

Halaman 1 dari 2

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor