Memastikan keandalan jaringan telekomunikasi untuk KTT G20

Memastikan keandalan jaringan telekomunikasi untuk KTT G20

Jakarta (ANTARA) – KTT G20 di Bali pada November tahun ini direncanakan menjadi event terbesar di Indonesia, sehingga persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari menjelang pertemuan tersebut.

G20 merupakan forum internasional yang terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa yang bekerja sama untuk menangani isu-isu besar. Indonesia menggelar pengelompokan tahun ini.

Salah satu aspek yang harus diperhatikan secara khusus dalam persiapan adalah keandalan jaringan telekomunikasi.

Pasalnya, KTT tersebut akan dihadiri oleh para kepala negara dan pejabat pemerintah negara-negara G20 serta awak media dalam dan luar negeri.

Operator telekomunikasi milik negara PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah mempersiapkan jaringan telekomunikasi untuk KTT G20 sejak Juni.

Menurut Direktur Solusi Jaringan dan Teknologi Informasi perseroan, Herlan Wijanarko, secara umum persiapan sudah 99,1 persen.

Persiapan tersebut harus dilakukan sejak Juni karena jaringan telekomunikasi yang dibutuhkan untuk acara tersebut harus terkoneksi dengan jaringan di luar Bali, baik domestik maupun internasional.

Untuk jaringan domestik, infrastruktur di Bali sudah terkoneksi melalui kabel bawah laut ke jaringan arah Jawa (dua jalur) dan Papua (tiga jalur).

Wijanarko memastikan infrastruktur di Bali sangat aman.

Sementara di Bali, Telkom telah memastikan keandalan jaringan telekomunikasi dengan menggelar Automated Telephone Center (STO) di tiga lokasi.

Telkom Focus Group untuk KTT G20 juga telah mencakup jaringan seluler untuk memastikan cakupan jaringan 4G dan 5G di lokasi acara utama KTT G20 mencapai 100 persen.

Selain di lokasi utama KTT G20, jaringan seluler juga akan tersedia di hotel-hotel di sekitar lokasi acara, Garuda Wisnu Kencana, dan Bandara Internasional Ngurah Rai.

Sesuai data terakhir Telkom, Bali memiliki total 7.570 menara base transceiver station (BTS) untuk jaringan 2G, 3G, 4G, dan 5G.

READ  Bestes Epoxidharz Glasklar Für Holz Getestet und qualifiziert

Pada minggu kedua Oktober, Telkom bekerja untuk memastikan keamanan 31 infrastruktur BTS, memasang akses internet di sejumlah titik, dan menyiapkan pemanfaatan 5G untuk memastikan kelancaran jaringan telekomunikasi.

Telkom menginformasikan bahwa pihaknya bekerja sama dengan seluruh operator seluler di Indonesia untuk memastikan kualitas jaringan telekomunikasi dan mengamankan jaringan.

Saat ini ada empat operator seluler di Indonesia, antara lain Telkomsel yang tergabung dalam Telkom Group, XL Axiata, dan Indosat Ooreedo Hutchison.

Ketersediaan layanan seluler di lokasi acara KTT G20 juga akan mencakup layanan roaming untuk delegasi dan tamu yang datang dari luar negeri.
Anda
Telkom juga telah mengantisipasi tingginya trafik telekomunikasi sepanjang KTT G20 pada November mendatang.

Akhir Oktober, pihaknya berencana menggelar pemeriksaan akhir untuk mengkaji kesiapan jaringan telekomunikasi dengan pemangku kepentingan, termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kehadiran kepala negara di KTT G20 berarti pengamanan ketat. Mungkin ada kasus di mana keamanan ini dapat menyebabkan gangguan jaringan telekomunikasi, seperti WiFi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkom telah menyiapkan Internet broadband berbasis kabel, dan wired LAN (local area network).

Selain kehandalan jaringan, Telkom juga telah menyiapkan tim untuk mengantisipasi isu-isu yang menyangkut jaringan telekomunikasi selama KTT G20.

Di sejumlah titik di Bali, pihaknya telah menyiapkan sentra yang akan beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, dan sedikitnya 340 teknisi akan tetap hadir selama acara untuk menangani masalah secara langsung.
Anda
Telkom akan menugaskan center di Surabaya, Jawa Timur, dan center nasional di Jakarta untuk memantau keandalan jaringan telekomunikasi selama KTT G20.

Keamanan cyber

Salah satu isu yang menjadi perhatian Telkom untuk jaringan telekomunikasi G20 Summit adalah keamanan siber, apalagi Indonesia baru-baru ini mengalami serangan siber.

READ  Perjanjian WTO tentang Pertanian penuh dengan ketidakseimbangan yang mendalam: Menteri Pertanian Federal

Telkom memastikan sudah mengantisipasi serangan siber, baik di dalam maupun luar negeri.

Khusus untuk KTT G20, Telkom telah memasang apa yang disebutnya sebagai firewall generasi berikutnya untuk melindungi jaringan dari serangan siber, seperti serangan penolakan layanan (DDoS) terdistribusi.

Sedangkan untuk keamanan data, Telkom telah memastikan storage yang digunakannya telah ter-install enkripsi untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya hacking.

Menjelang KTT G20, pemerintah terus melakukan persiapan. Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan para menteri untuk membahas hal-hal seperti persiapan fisik untuk KTT.

Kepresidenan G20 Indonesia pada tahun 2022 menandai pertama kalinya Indonesia dipilih untuk memimpin pengelompokan tersebut. KTT G20 dijadwalkan digelar pada 15 November hingga 16 November 2022 di Bali.

Menjelang KTT, Kepresidenan G20 Indonesia telah mengadakan serangkaian forum di bawah jalur Keuangan dan Sherpa sepanjang tahun ini.

Kepresidenan G20 Indonesia yang bertema “Recover Together, Recover Stronger” mengangkat tiga isu prioritas: arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.

Dengan jaringan telekomunikasi yang sudah dipersiapkan dengan baik, acara puncak Kepresidenan G20 Indonesia diharapkan dapat berlangsung sukses.

Selain itu, diharapkan juga menjadi forum yang efektif bagi tuan rumah untuk berperan besar dalam membentuk dunia yang lebih maju di era digital.

Berita Terkait: Kemenhub siapkan layanan telekomunikasi jelang KTT G20
Berita Terkait: Kementerian memuji ITU atas inisiatif dalam DEWG G20
Berita Terkait: Fasilitas telekomunikasi dikembangkan jelang KTT G20 2023

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor