Memindahkan ibu kota adalah masalah keamanan nasional yang mendesak – Sabtu, 5 Maret 2022

Memindahkan ibu kota adalah masalah keamanan nasional yang mendesak – Sabtu, 5 Maret 2022

Endy Bayuni (The Jakarta Post)

PREMIUM

Jakarta ●
Sabtu, 5 Maret 2022

Empat hari sebelum Dewan Perwakilan Rakyat mengesahkan RUU Ibu Kota Nasional menjadi undang-undang pada 1 Januari. 18, banyak orang di Jakarta merasakan getaran skala 6,6-Richter. Badan Meteorologi Nasional (BMKG) mengatakan setidaknya ada selusin gempa “ringan” yang mengguncang provinsi Banten sejak itu hingga Presiden Joko “Jokowi Widodo menandatangani undang-undang baru pada 14 Februari.” 17.

Tidak banyak orang yang membaca peristiwa alam ini sebagai pertanda akan datang, tetapi hanya sedikit orang yang tidak setuju bahwa gempa bumi merusak yang melanda ibu kota, katakanlah dengan kekuatan di atas 9,0 skala Richter yang melanda Aceh pada tahun 2004, akan memiliki konsekuensi yang tak terbayangkan.

Di Aceh, hampir tidak ada pemerintah selama beberapa hari pertama sampai Jakarta mengirim tim pegawai negeri, yang dipimpin oleh mantan menteri luar negeri Alwi Shihab, untuk mengelola provinsi itu selama beberapa bulan sampai para pemimpin dan staf lokal bangkit kembali.

untuk Membaca Cerita Lengkap

BERLANGGANAN SEKARANG

Mulai dari Rp 55.000/bulan

  • Akses tak terbatas ke konten web dan aplikasi kami
  • e-Post surat kabar digital harian
  • Tidak ada iklan, tidak ada interupsi
  • Akses istimewa ke acara dan program kami
  • Berlangganan buletin kami

Atau biarkan Google mengelola langganan Anda

READ  Begitu mendarat di permukaan bulan, Chang'e 5 dari China langsung mengumpulkan sampel pertama

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor