Mengapa penderita diabetes yang tertular virus COVID-19 berisiko lebih besar?

Jakarta

Siapa yang tidak kenal dengan COVID-19? Penyakit yang menyebabkan epidemi yang membuat khawatir semua orang di dunia. Penyakit Covid-19 dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal.

Orang dewasa yang lebih tua dan penderita penyakit kronis memiliki risiko yang lebih serius jika terpapar COVID-19, termasuk diabetes.

Penelitian dalam jurnal ilmiah Diabetes Metabolic Syndrome menunjukkan bahwa penderita diabetes yang mengidap COVID-19 memiliki risiko gejala dan komplikasi yang lebih serius. Hal tersebut diketahui dari penelitian terhadap 33 penelitian terkait COVID-19.

Faktanya, penderita Covid-19 dengan diabetes memiliki risiko 2,75 kali lebih besar dibandingkan non-diabetes. Selain itu, risiko kematian penderita diabetes COVID-19 hampir dua kali lebih tinggi.

Selain itu, kadar gula darah yang tidak terkontrol dikaitkan dengan peningkatan risiko gejala, komplikasi, serta kematian. Kabar baiknya adalah jika Anda bisa mengontrol kadar gula darah, Anda bisa mengurangi risiko ini.

Lantas, apa hubungan antara kadar gula darah dengan peningkatan risiko gejala dan komplikasi akibat COVID-19? Kadar gula darah yang tidak terkontrol meningkatkan risiko komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung. Hal tersebut bisa memperburuk kondisi penderita COVID-19.

Tak hanya itu, kadar gula darah yang tidak terkontrol, seiring dengan komplikasi diabetes, juga bisa menurunkan kemampuan tubuh melawan infeksi. Jika kadar gula darah tidak terkontrol dan terjadi infeksi virus, peradangan pada tubuh akan meningkat dan meningkatkan risiko komplikasi.

Untuk itu, penting bagi para penderita diabetes untuk melindungi diri dari penyebaran COVID-19 dengan menjaga jarak di antara mereka, selalu menggunakan masker, dan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air. Tak kalah pentingnya, penderita diabetes harus selalu mengontrol kadar gula darahnya dengan mengikuti pola hidup sehat termasuk menjaga pola makan, menjaga berat badan, dan berolahraga secara teratur.

READ  Realme 7 dan Realme X7 Mejeng di Berlin

Jika Anda menderita diabetes, atau tinggal bersama kerabat dekat yang menderita diabetes, coba tawarkan pemanis rendah kalori Tropicana Slim Diabtx sebagai alternatif pengganti gula. Dengan cara ini, gula darah Anda tetap aman dan Anda akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan gejala dan komplikasi COVID-19 yang parah.

Ayo tetap sehat dan kalahkan pandemi COVID-19!

Tonton videonya “Hati-hati! Diabetes kaki anak
[Gambas:Video 20detik]
(atau atau)


More from Mahammed Shehata

Asteroid 2020 ST1 dekat dengan Bumi, dan sayangnya, lima kali pingsan dari Pluto

KOMPAS.com Hari ini Sabtu (14/11/2020), satu hari asteroid Dia akan kembali menyeberang...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *