Menkeu tegaskan minat negara mempekerjakan tenaga kerja Indonesia

Menkeu tegaskan minat negara mempekerjakan tenaga kerja Indonesia

Kami cukup bangga karena ternyata TKI asal Indonesia cukup diminati tidak hanya di Korea tetapi juga di negara-negara, seperti Jepang, Timur Tengah, dan beberapa negara Eropa.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah menyoroti tenaga kerja Indonesia sangat dicari oleh beberapa negara tujuan, sehingga pemerintah akan terus memastikan dukungan terhadap penempatan tenaga kerja yang kompeten.

“Kami cukup bangga karena ternyata TKI asal Indonesia cukup diminati tidak hanya di Korea tetapi juga di negara-negara seperti Jepang, Timur Tengah, dan beberapa negara Eropa,” katanya dalam keterangannya, Senin.

Saat mendampingi Presiden Joko Widodo saat pengiriman TKI ke Korea Selatan dalam sebuah acara di Jakarta, Senin, 17 Oktober, dia menyoroti tingginya minat antar negara terhadap tenaga kerja Indonesia yang kompeten.

Berita Terkait: KJRI Kuching memberikan dukungan untuk legalitas pekerja migran di Sarawak

Untuk itu, pemerintah terus berupaya menyiapkan tenaga terampil dan memastikan penempatan TKI dilakukan sesuai prosedur.

“Yang memiliki kompetensi akan kita tempatkan. Kita asah skill dan kompetensinya, dan kita pastikan penempatannya dilakukan sesuai prosedur,” tambah Menteri Fauziyah.

Berita Terkait: Pemda lakukan upaya perlindungan buruh migran: BP2MI

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo mengungkapkan kebahagiaannya, karena 597 pekerja migran yang akan diberangkatkan ke Korea Selatan dengan skema kerja sama antar pemerintah (G to G), telah diberikan pembekalan dan edukasi.

Presiden Jokowi mengatakan, saat ini jumlah pekerja migran yang bekerja di luar negeri telah mencapai sembilan juta orang. Dari angka itu, sekitar 4,5 juta buruh migran berangkat secara ilegal, atau tidak melalui prosedur yang telah ditentukan, sedangkan sisanya dikirim melalui jalur legal.

Untuk itu, Presiden memerintahkan kementerian dan lembaga terkait untuk memerangi sindikat-sindikat yang membolehkan tempat-tempat TKI ilegal atau non-prosedural dan membuat perlindungan terhadap TKI.

READ  Trailer 'Our Great National Parks' Dirilis di Netflix

Berita Terkait: Jokowi Bebaskan TKI Indonesia ke Korea Selatan

Berita Terkait: Jokowi mengimbau para pekerja migran untuk membelanjakan pendapatannya dengan hati-hati

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor