Menteri-menteri top Indonesia yang disebutkan dalam Pandora’s Papers menghindari skandal

Menteri-menteri top Indonesia yang disebutkan dalam Pandora’s Papers menghindari skandal

Adalah adil untuk mengatakan pada titik ini bahwa skandal Pandora Papers tidak memiliki efek ledakan di Indonesia seperti di luar negeri, tetapi semua mata sekarang tertuju pada dua menteri utama negara itu setelah nama mereka disebutkan dalam kebocoran. .

berdasarkan cuaca, satu-satunya publikasi Indonesia yang berafiliasi dengan International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) yang telah meneliti segunung dokumen bocor, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjitan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlanga Hartarto — keduanya dianggap sebagai orang kepercayaan dekat Presiden Joko Widodo—mengelola surga pajak lepas pantai.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya cuaca Dalam utas Twitter ini, Lohot duduk di rapat dewan di Petrocapital SA yang berbasis di Panama, sementara Airlangga memiliki dua perusahaan cangkang, Buckley Development Corporation dan Smart Property Holdings Limited, keduanya terdaftar di British Virgin Islands.

Politisi Golkar (Erlanga saat ini mengepalai partai politik) belum memberikan pernyataan langsung untuk menanggapi secara langsung. cuacalaporan. Namun, mereka memiliki orang-orang yang berbicara atas nama mereka, dengan juru bicara Luhut Jodi Mahardi membenarkan keterlibatan menteri senior di Petro Capital tetapi membantah kegiatan terlarang saat dia menjadi kepala perusahaan.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2006 oleh Eduardo E. Dea dan Fernando A. Gil. Petro Capital meraih suntikan modal sebesar US$5 juta, dan salah satu operasinya adalah migas,” kata judy kemarin.

Judy menambahkan, Lohut pernah menjabat sebagai CEO Petro Capital sejak 2007 hingga 2010, namun akhirnya mengundurkan diri karena ketidakpastian investasinya.

“Luhut Panjitan telah memutuskan untuk mundur dari Petro Capital dan fokus pada bisnisnya di Indonesia,” kata Jodi.

Di sisi lain, Golkar, yang mewakili Luhut dan Erlanga, menyerukan uji tuntas sebelum sampai pada kesimpulan bahwa para politisi terlibat dalam kegiatan ilegal.

Kalau kita baca di media sosial, tidak jelas apa sumbernya. Namun salah satu media cetak nasional melaporkan, “Sekjen Golkar Ludewijk F. Paulus katanya kemarin.

Kami tidak tahu sumbernya. Ini tidak jelas. Jika kita melihat media berbahasa Inggris, [Luhut and Airlangga’s names] Tidak disebutkan, tetapi disebutkan di media Indonesia. Kami menunggu kejelasan di sana.”

Patut diperhatikan bahwa dalam Laporan Pandora Papers komprehensif pertama oleh International Consortium of Investigative JournalistsSebenarnya tidak disebutkan menteri atau kelompok/perorangan Indonesia dalam hal ini. Masih harus dilihat apakah nama mereka akan disebutkan dalam laporan tindak lanjut.

Pandora Papers Report, kolaborasi 600 jurnalis dari seluruh dunia, didasarkan pada lebih dari 11,9 juta dokumen yang bocor dan catatan lain dari 12 penyedia layanan lepas pantai yang membantu menciptakan dan mengelola perusahaan cangkang dan kepercayaan di surga pajak di seluruh dunia.

READ  Bester Blackview Bv9600 Pro 2021: Getestet und qualifiziert

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor