Momentum Hari Kemerdekaan untuk menyalakan kembali semangat membangun ibu kota baru

Momentum Hari Kemerdekaan untuk menyalakan kembali semangat membangun ibu kota baru

Jakarta (ANTARA) – “Pembangunan Ibu Kota Nusantara tidak boleh mandek,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya di Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) 2022, 16 Agustus menjelang Hari Kemerdekaan.

Sidang tahunan parlemen dan peringatan Hari Kemerdekaan telah menawarkan kepada kepemimpinan nasional media lain untuk menyalakan semangat semua pemangku kepentingan nasional untuk melanjutkan proses pemindahan ibu kota baru tanpa ragu-ragu.

Menyusul disahkannya Undang-Undang Ibu Kota Negara oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) awal tahun ini, yang disanjung oleh presiden sebagai bentuk dukungan DPR terhadap transformasi besar-besaran, para pemimpin nasional harus terus memotivasi warga dan pejabat untuk mendukung pembangunan ibu kota baru. .

Dalam sambutannya, ia memastikan bahwa pembangunan ibu kota baru dapat mengakomodir semua warga, apapun profesinya, dan memiliki manfaat ekonomi dalam jangka panjang.

Ibukota baru tidak hanya untuk aparatur sipil negara tetapi juga kota bagi para inovator dan pengusaha, kata Jokowi. Kota ini tidak hanya akan menampung kantor-kantor pemerintah, tetapi juga akan menjadi kekuatan pendorong ekonomi baru, menurut kepala negara.

Ditambahkannya, ibu kota baru tidak akan menjadi kota biasa tetapi akan menjadi kota hutan dengan layanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia.

Presiden mengatakan bahwa ibu kota baru akan menggerakkan investasi karena investor swasta diundang untuk berpartisipasi dalam pembangunan ibu kota baru, sehingga mengurangi isu bahwa pembangunan ibu kota baru berpotensi membebani anggaran negara.

“Pembangunan Central Core Kawasan Pemerintah dibiayai APBN. Namun, 80 persen investor swasta diundang untuk berpartisipasi,” tegasnya.

Berita Terkait: Jokowi serukan untuk memastikan kesinambungan dalam pembangunan IKN
Berita Terkait: Detik-detik Upacara Proklamasi dilaksanakan di IKN Nusantara point zero

Menggemakan pernyataan presiden, Ketua DPR Punan Maharani menegaskan kembali dukungan parlemen untuk pembangunan ibu kota baru selama Pidato Tahunan.

READ  Bestes Anti Rutsch Socken Kinder Getestet und qualifiziert

Ibukota baru ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak perekonomian Indonesia di masa depan, simbol nasional, dan kota ideal yang akan menjadi model pengembangan perkotaan bagi masyarakat global, ujarnya.

Ia juga berharap warga mendukung pembangunan ibu kota baru yang menjadi salah satu agenda strategis nasional yang diamanatkan UU Ibu Kota Baru Nusantara.

“Ibu kota negara telah diamanatkan undang-undang yang akan dilaksanakan sesuai dengan roadmap dan rencana pembangunan, relokasi, dan administrasi ibu kota baru,” kata Maharani.

Apalagi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, sebelumnya pada Kamis (11 Agustus), mengumumkan bahwa penandatanganan tender proyek pembangunan infrastruktur untuk ibu kota baru akan berlangsung pada akhir Agustus 2022, dengan pembangunan diperkirakan akan dimulai. awal September.

Kementerian PUPR telah mengusulkan anggaran untuk pengembangan lahan, jalan tol, jalan raya, jalan nasional, jalan logistik, dan apartemen pekerja. Selain itu, pemerintah juga akan mengadakan tender pembangunan proyek Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (KIPP), ujarnya.

Pernyataan Hadimuljono merupakan indikasi lain bahwa kemajuan pembangunan ibu kota baru semakin cepat, terutama setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyetujui anggaran untuk pembangunan konstruksi Nusantara, yang berarti tidak akan ada masalah dalam hal ketersediaan anggaran dari pemerintah untuk pembangunan. memulai pembangunan infrastruktur tahun ini.

Selain perlu terus memotivasi pejabat dan warga untuk terus mendukung pembangunan, pemerintah juga harus memastikan bahwa pemerintah selanjutnya akan berkomitmen pada proyek jangka panjang, karena pemerintah memproyeksikan bahwa tahap akhir pembangunan hanya akan selesai pada tahun 2045 – seratus tahun kemerdekaan Indonesia.

Menanggapi kebutuhan untuk mengkodifikasikan jaminan tersebut, MPR sedang mempertimbangkan untuk memasukkan pembangunan ibu kota baru dalam pedoman kebijakan negara (PPHN) yang akan diundangkan melalui konvensi ketatanegaraan.

READ  Peneliti sedang mengembangkan cat putih khusus yang dapat mendinginkan ruangan: Okezone techno

“MPR saat ini sedang menyusun pedoman kebijakan negara, dan ibu kota baru (pembangunan) akan dimasukkan dalam pedoman. (pekerjaan membangun) ibu kota baru harus selesai tidak peduli siapa presidennya, dan proyek harus terus berlanjut terlepas dari penerus yang akan memimpin proyek-proyek besar nasional,” kata Ketua MPR Bambang Soesatyo di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (12/8) lalu.

Pembicara menyoroti bahwa masuknya pembangunan ibu kota baru dalam PPHN akan membuatnya kebal dari tindakan hukum yang dapat menunda proses.

“Saya katakan, ‘Kalau (ibu kota baru diatur) dengan undang-undang, rawan uji materi’, dan penggantinya (presiden) juga bisa mengeluarkan peraturan pengganti undang-undang. Tidak ada jaminan meskipun kita perlu setidaknya 15-20 tahun untuk menyelesaikan pembangunan ibu kota baru, yang berarti empat masa jabatan presiden,” urainya.

Kepastian untuk melanjutkan pembangunan ibu kota baru diperlukan, karena ibu kota baru akan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat, katanya.

“(Ini) mencermati paparan Presiden sebelumnya yang meyakinkan kita untuk memastikan bahwa proyek-proyek besar nasional harus bermanfaat bagi rakyat dalam jangka panjang dan tidak boleh terhenti ketika suksesi (presiden) terjadi,” tambah Soesatio.

Presiden Jokowi telah menekankan bahwa pembangunan ibu kota baru tidak boleh terhenti, dan langkah-langkah yang tepat harus diambil untuk memastikan suksesi presiden di masa depan tidak akan menghambat pembangunan ibu kota baru.

Untuk menjaga kepercayaan dan dukungan terhadap ibu kota baru di kalangan penduduk, pemerintah harus terus mengingatkan penduduk tentang manfaat Indonesia memiliki ibu kota baru, mengatasi potensi dampak buruk pembangunan yang berpotensi hijau, dan tetap berpegang pada rencana pengembangan ibu kota baru sebagai sebuah kota. Memberikan kesempatan baru kepada seluruh lapisan masyarakat.

READ  Bestes Mp3 Download Musik Getestet und qualifiziert

Berita Terkait: Tender konstruksi untuk IKN Nusantara akan ditandatangani pada Agustus: menteri
Berita Terkait: Otoritas IKN meminta bantuan ahli dalam mengimplementasikan konsep kota hutan

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor