MPR meminta polisi proaktif mengusut video yang menghina Indonesia

TEMPO.CODan JakartaDewan Syura Rakyat (MPRWakil Ketua Ahmed Basara meminta Polri proaktif mengusut video viral yang mengubah kata-kata lagu kebangsaan Indonesia bekerja sama dengan Kepolisian Kerajaan Malaysia (PDRM).

Saya menghormati pemerintah Malaysia melalui kedutaan besarnya di Indonesia berjanji akan mengusut kasus tersebut. Tapi saya berharap Polri juga proaktif, tidak hanya mengandalkan hasil pemeriksaan polisi Malaysia, ‚ÄĚkata Pasarah dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 28 Desember.

Ia menegaskan bahwa lagu kebangsaan Indonesia Raya adalah harkat dan martabat bangsa, sehingga jika masyarakat Indonesia tidak menanggapi secara serius masalah ini, kemungkinan besar akan ada ratusan video serupa yang menghina Indonesia nantinya.

Menurut Basara, mengubah kata, aransemen, dan segala hal yang berkaitan dengan lagu kebangsaan dilarang keras menurut hukum Negara Republik Indonesia.

Pimpinan Fraksi PDIP itu pun meminta Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta segera mengusut tuntas kasus tersebut. Kami belum tahu apakah pelakunya orang Malaysia, atau bahkan Indonesia, dan ini perlu klarifikasi. Pasarah mengindikasikan bahwa Polri harus berkoordinasi dengan Kepolisian Kerajaan Malaysia untuk mengusut isu yang menyinggung bangsa kita ini.

Itu MPR Wakil pembicara juga meminta kepada masyarakat kedua negara untuk menjaga hubungan yang telah terjalin dengan baik selama bertahun-tahun dan tidak mudah terprovokasi oleh rumor yang tidak berdasar.

Baca juga: DPR mengecam video yang menghina lagu kebangsaan Indonesia itu

diantara

READ  Kansas City memilih dua di babak keempat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *