NFA mengimbau para penggilingan beras mengutamakan penjualan ke Bulog

NFA mengimbau para penggilingan beras mengutamakan penjualan ke Bulog

Mari kita bekerja sama mewujudkan cita-cita mulia kita yaitu menjadikan petani sejahtera, pedagang sejahtera, dan masyarakat tersenyum

Bogor, Jawa Barat (ANTARA) – Kepala Badan Pangan Nasional (BKN) Arief Prasetyo Adi mengimbau para penggilingan beras di Indonesia memprioritaskan penjualan ke Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk membantu memenuhi target cadangan beras pemerintah.

Permintaan itu disampaikannya saat berbicara dalam rapat Perhimpunan Pengusaha Penggilingan Padi Indonesia (Perpadi)-Jawa Timur di Kota Batu, Jawa Timur, pada 18 November 2022, menurut keterangan pers NFA bahwa ANTARA diterima di sini pada hari Kamis.

Meningkatkan stok cadangan beras menjadi 1,2 juta ton di Bulog memang tidak mudah, namun bisa dicapai melalui kerjasama sinergis dengan pemangku kepentingan terkait di bidang pangan, ujarnya.

Di antara pemangku kepentingan yang dapat memberikan kontribusi signifikan adalah penggilingan padi. Karena itu, Adi mengimbau mereka untuk mengutamakan penjualan ke Bulog sebagai bagian dari kontribusi mereka terhadap upaya menjaga ketahanan pangan bangsa.

“Untuk memenuhi target (1,2 juta ton), saya dorong Perpadi menjadi mitra pemerintah untuk memperkuat ketersediaan stok beras nasional,” ujarnya.

Langkah tersebut tidak akan memberikan keuntungan pribadi, melainkan akan melibatkan pengorbanan demi bangsa dan negara.

“Mari kita bahu-membahu mewujudkan cita-cita mulia kita yaitu petani sejahtera, pedagang sejahtera, dan masyarakat tersenyum,” pesannya.

Lebih lanjut dia mengatakan telah berkomunikasi dengan Satgas Pangan Polri, pemda, dan Kementerian Pertanian terkait hal tersebut.

Presiden Joko Widodo juga mengajak seluruh pemangku kepentingan di bidang pangan Indonesia untuk membangun dan memperkuat kerja sama sinergis untuk menjaga ketahanan pangan negara, kata Adi.

Selain bekerja sama dengan Perpadi, NFA juga melakukan beberapa langkah dengan mendorong pasokan beras untuk Bulog dari provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

READ  Junta mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk 26 orang, kebanyakan dari mereka adalah anggota pemerintah paralel Myanmar - Asia Tenggara

Bersama Kementerian Pertanian, dinas pertanian, dan gugus tugas pangan di provinsi, telah dijalin komitmen untuk menyediakan 247 ribu ton beras pada November-Desember 2022, ujarnya.

Untuk mengamankan stok cadangan beras pemerintah tahun depan, Adi mengatakan penyerapan beras bisa dioptimalkan pada semester pertama saat musim panen raya.

Sementara itu, Ketua Perpadi-Jawa Timur Hendra Tan mengatakan, penggilingan padi asal Perpadi, Jawa Timur, akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung NFA dalam memenuhi target cadangan beras pemerintah.

“Kami berupaya menghimpun anggota untuk menyalurkan stok berasnya secara optimal untuk membantu memenuhi target stok cadangan beras 1,2 juta ton, dan 100 ribu ton untuk Jawa Timur,” katanya.

Berita Terkait: Peran Perpadi krusial untuk meningkatkan stok cadangan beras: NFA
Berita Terkait: Badan Pangan Nasional memulai implementasi strategi beras
Berita Terkait: Stok beras cukup untuk memenuhi permintaan hingga akhir tahun: Bulog

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor