Note-Sala-Bim, Mencoba Kemampuan Tongkat Sihir Galaxy Be aware20!

loading…

JAKARTA – Menggunakan S Pen di Galaxy Notice20 membuat saya seperti Harry Potter yang sedang mengayunkan tongkat sihir. Bedanya, saya tidak perlu merapal mantra seperti ”Wingardium Leviosa”. Cukup mengayun-ayunkan S Pen untuk menjalankan perintah yang saya mau. Antara sihir dan teknologi, sama-sama menakjubkan. BACA JUGA:S Pen Take note20 Bikin Dian Sastro Lebih Produktif.

Saya pernah bercanda seperti ini dengan seorang teman ketika ditanya apa beda pengguna Samsung Galaxy S dan Samsung Galaxy Notice.

Pengguna Galaxy S, jawab saya, ketika menyalakan ponsel yang dibuka pertama adalah kamera.

S Pen menggunakan Bluetooth Reduced Strength (BLE) dengan baterai lithium titanate yang otomatis terisi ketika tidak dipakai. Foto-foto: Sindonews/danang arradian

Sedangkan pengguna Galaxy Be aware, sebelum memasukkan password dan membuka kamera, mereka sudah mengeluarkan S Pen terlebih dulu. Itu lah gambaran betapa pentingnya S Pen bagi pengguna Galaxy Note. Teman saya pun tertawa mendengar jawaban itu.

BACA JUGA:Begini Cara Sutradara Yandy Laurens Bikin Movie Pendek dengan Galaxy Take note 20

Di Notice20 Extremely, Samsung sendiri memberikan banyak sekali up grade untuk S Pen. Butuh waktu seharian bagi saya untuk mencoba macam-macam fitur barunya. Begitu banyaknya, rasanya sulit untuk bisa terpakai semua.

Karena itu, saya hanya memaparkan beberapa fitur baru yang mungkin akan sering digunakan/relevan dalam keseharian saya.

Pertama, pengguna Note lama pasti akan merasakan perbedaan latensi 9 milidetik di Galaxy Note20 dengan 42 milidetik di Galaxy Take note10. Interaksi jemari, S Pen, dan permukaan layar Take note20 terasa semakin padu. Kegiatan menulis, mencatat, menggambar, memberikan catatan, menjadi sangat responsif dan sangat presisi.

Dengan penyetingan layar 120 Hz Infinity-O, response rate (waktu respon) 9 milidetik di S Pen adalah penga laman menulis paling mendekati kenyataan yang ada saat ini di perangkat mobile.

READ  Hindari makan di pagi hari, jangan menurunkan berat badan lebih banyak lagi

BACA JUGA:Galaxy Note 20 Ultra vs Note 20 vs Note 10 Additionally vs Be aware 10, Apa Bedanya?

Rasanya benar-benar seperti menulis di kertas. Dan bahkan membuat saya sering lupa sedang menulis di atas permukaan layar.

Note-Sala-Bim, Mencoba Kemampuan Tongkat Sihir Galaxy Note20!

S Pen memiliki diameter pen idea hanya .7 mm, sehingga rasanya seperti menulis di pena biasa. Sudah dibekali pula IP68 yang tahan air.

Dampaknya, saya jadi lebih sering mengeluarkan S Pen untuk menulis atau mencatat. Saat senggang pun iseng saya manfaatkan untuk menggambar. Dengan S Pen yang ada saat ini, pengguna Observe akan lebih semangat untuk menggoreskan pena electronic itu.

Fitur kedua dan sangat saya sukai adalah beberapa up grade yang membuat kegiatan menulis jadi lebih mudah. Fitur car straighten ternyata cukup sering saya manfaatkan. Gunanya untuk meluruskan tulisan tangan yang miring.

Selain itu, saya juga suka sekali bagaimana S Pen bisa mengubah tulisan tangan menjadi teks. Perbaikan application handwriting recognition milik Samsung cukup drastis. Karena bisa mengenali bahasa Indonesia. Jika memang tulisan saya tidak dikenali, artinya sudah terlalu buruk.

Note-Sala-Bim, Mencoba Kemampuan Tongkat Sihir Galaxy Note20!

Akurasi untuk mengubah tulisan tangan ke teks biasa sangat baik dan akurat.Sensitivitas tekanan S Pen di Notice20 mencapai 4.096 level tekanan, 3x lebih besar dibanding Notice2 yang 1.024 level tekanan.

Ketika saya menulis pelan-pelan, 80 persen hasilnya akurat. Sisanya hanya koreksi di beberapa huruf saja. Saya juga bisa mengubah tulisan tangan menjadi teks. Lalu menyimpannya menjadi file PDF atau Term. Jelas ini fitur yang akan terus-menerus terpakai.

Yang ketiga, ini fitur favorit saya dengan S Pen. Yakni, monitor compose, dimana saya menorehkan catatan terhadap apapun yang saya konsumsi dari world-wide-web. Baik itu berita, gambar, meme, postingan Instagram, Pinterest, atau LinkedIn. Beberapa saya share sebagai Story di Instagram. Tapi, sebagian besar tersimpan sebagai catatan pribadi.

READ  Ledakan Terjadi di Tengah Salat Berjemaah, Muazin dan Imam Masjid Tewas Seketika

Nah, fitur yang membuat pengguna Note20 bisa memfungsikan S Pen layaknya tongkat sihir Harry Potter adalah Air Actions. Lagi-lagi, perintah yang bisa dilakukan dengan menggerakkan S Pen bukan hal baru. Namun, menjadi fitur yang terus menerus disempurnakan.

Note-Sala-Bim, Mencoba Kemampuan Tongkat Sihir Galaxy Note20!

S Pen memiliki beragam fungsi yang “memaksa” penggunanya bergaya bak Harry Potter.

More from Shakeel Mohiuddin

Fitur pesan sementara versi WhatsApp

Jakarta: WhatsApp resmi meluncurkan fitur perpesanan sementara, yang memungkinkan pengguna mengirim pesan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *