Oligarki Bisa Terus Mengontrol Politik: Ekonom Perppu Cipta Kerja

Oligarki Bisa Terus Mengontrol Politik: Ekonom Perppu Cipta Kerja

TEMPO.CO, JakartaEkonom senior dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didin S Damanhuri memprediksi oligarki ekonomi akan semakin menguasai politik Indonesia dalam dua tahun ke depan. Hal itu terlihat dari sejumlah peraturan yang dikeluarkan di luar prosedur, termasuk peraturan pengganti undang-undang atau perpu tentang penciptaan lapangan kerja yang baru diundangkan banyak ditolak oleh berbagai pihak.

Oligarki di tahun politik ini dan setelahnya akan semakin bekerja sebagai sebuah rezim. Oligarki akan tumbuh subur dalam ekosistem politik yang tidak demokratis,” ujar Didin dalam diskusi publik virtual yang diselenggarakan Indef pada Kamis, 5 Januari 2022.

Peraturan lain yang diloloskan di luar prosedur, jelasnya, adalah UU Minerba dan Mineral, UU KPK atau KPK, UU Cipta Kerja, UU Mahkamah Konstitusi atau UU MK, UU Ibu Kota Baru atau UU IKN, dan Harmonisasi Perpajakan atau UU HPP.

Menurut Didin, faktor utama tumbuhnya oligarki ekonomi di tanah air adalah membiarkan oligarki ekonomi menjadi investor politik. Para oligarki ekonomi boleh menyuntikkan dana pada semua tingkat pemilihan umum, mulai dari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg), hingga Pemilihan Presiden (Pilpres).

Ia menjelaskan, berbagai kajian mengungkapkan oligarki ini mengintervensi pemilu di berbagai daerah. Bahkan ada kabar ada kelompok yang menyumbang Rp 9 triliun ke partai politik dalam pemilihan presiden.

Oligarki ekonomi dan politik ini, lanjut Didin, sudah ada sejak tahun 1950-an hingga era reformasi. Cikal bakal oligarki ini adalah munculnya aktor pencari rente baik di bidang ekonomi maupun politik. Setelah meraup untung besar, para pencari rente ini melakukan kartelisasi dan mafia barang dan jasa termasuk importasi.

Jika Indonesia berkomitmen mengatasi masalah ini, Didin mengindikasikan perlunya reformasi politik dan ekonomi. “Konsekuensinya, UU Pemilu, UU Politik, dan UU lainnya harus diubah, dan intinya melarang donasi kepada parpol,” tegasnya.

READ  Bestes Lace Front Wig Getestet und qualifiziert

RIANI SANUSI PUTRI

Klik disini untuk mendapatkan update berita terbaru dari Tempo di Google News

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor