Papua beri hibah Rp10 miliar untuk tiga provinsi baru

Papua beri hibah Rp10 miliar untuk tiga provinsi baru

Jayapura, Papua (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Papua berkomitmen memberikan hibah senilai Rp10 miliar untuk tiga provinsi baru yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa’ad, yang akan diberikan hibah itu, diinformasikan dari APBD perubahan tahun ini.

“Hibah itu akan diberikan (ke tiga provinsi baru) selama tiga tahun dari 2022 hingga 2024,” katanya di sini, Jumat.

Hibah tersebut dimaksudkan untuk mendukung tata kelola tiga provinsi baru yang dibentuk dari Provinsi Papua, tambahnya.

“Hibah untuk tiga provinsi yang baru dibentuk itu akan diserahkan oleh Pemprov Papua pada November mendatang,” ujarnya.

Hibah itu akan dikelola dalam apa yang disebut anggaran provinsi mini, karena anggaran akan diberlakukan hanya sampai akhir tahun, Musa’ad menambahkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Kerja Pertama Satgas Pembantu Daerah Otonom Baru, Sri Handoko Taruna mengatakan, pihaknya akan terus mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk memastikan kelancaran organisasi dan pemerintahan di tiga provinsi otonomi baru.

Gugus tugas masih mengidentifikasi aspek-aspek lain yang diperlukan untuk tata kelola provinsi baru, termasuk menyusun anggaran provinsi mini untuk anggaran Oktober-Desember 2022, katanya.

“Anggaran mini provinsi juga akan didukung oleh hibah dari empat provinsi penyusun Papua Selatan, dan kami telah menandatangani perjanjian hibah untuk tiga bulan ke depan,” ungkap Taruna.

Juni lalu, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui dasar hukum pembentukan tiga provinsi baru yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Berita Terkait: Provinsi Papua Baru dibentuk sejalan dengan tuntutan akar rumput: Jokowi
Berita Terkait: Pembentukan Provinsi Papua C semoga mendongkrak kesejahteraan rakyat Papua
Berita Terkait: Harapkan pembentukan provinsi Papua baru untuk membantu pembangunan: Menteri

READ  Petugas penyelamat hewan menyelamatkan 53 anjing yang disumpal dan dirantai di sebuah truk di luar rumah jagal Indonesia (video) | kehidupan

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor