Papua membutuhkan lebih banyak spesialis untuk meningkatkan pelayanan kesehatan: resmi

Papua membutuhkan lebih banyak spesialis untuk meningkatkan pelayanan kesehatan: resmi

(Kami juga akan) mendatangkan dokter spesialis dari Siloam Jakarta.

Wamena, Papua (ANTARA) – Pelaksana Tugas (Pj) Bupati Lanny Jaya Provinsi Papua Petrus Wakerkwa di Jakarta, Ahad, mengatakan, kabupaten tersebut membutuhkan lebih banyak dokter spesialis. Oleh karena itu pihaknya menyiapkan langkah untuk mengirim sembilan dokter asli Papua ke luar provinsi agar bisa memajukan daerahnya. pendidikan dan menjadi dokter spesialis untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di pelosok Papua.

Kesembilan dokter asli Papua itu akan melanjutkan pendidikannya di beberapa spesialisasi medis dengan menggunakan APBD 2023, demikian menurut Wakerkwa. Para dokter pribumi dipilih karena mereka memiliki akses yang lebih baik untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Papua di daerah terpencil dan mereka menggunakan bahasa lokal yang sama.

Plt Bupati Lanny Jaya menginformasikan sembilan dokter tersebut akan menempuh pendidikan kedokteran gigi, pulmonologi, hepatologi, dan oftalmologi. “(Dokter yang dikirim menjadi) kebidanan diberangkatkan lebih awal,” ujarnya.

Berita Terkait: Harapkan pengesahan RUU Papua Barat Daya untuk mempercepat jajak pendapat Perppu: VP

Dikatakannya, pemerintah akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan di kabupaten tersebut secara bertahap, termasuk meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tiom, Kabupaten Lanny Jaya.

“(Kami juga akan) mendatangkan dokter spesialis dari Siloam Jakarta,” lanjutnya.

Meski saat ini RSUD Tiom belum memiliki dokter spesialis yang memadai, namun pemerintah daerah memastikan warga tetap mendapatkan pelayanan prima dengan kualitas yang sama dengan daerah lain, karena pemerintah telah menjalin kerjasama rujukan dengan beberapa rumah sakit di seluruh Indonesia.

Melalui rumah sakit rujukan tersebut, warga Kabupaten Lanny Jaya bisa mendapatkan pengobatan yang memadai di rumah sakit ternama di daerah lain yang dibiayai oleh pemerintah daerah.

READ  Steve Bruce mengungkapkan apa yang dikatakan Marcelo Bielsa tentang Newcastle United

Berita Terkait: DPR RI mengesahkan RUU Provinsi Papua Barat Daya menjadi undang-undang
“Program Lanny Jaya Sehat bermitra dengan (beberapa rumah sakit seperti) Wamena; Jayapura; Dian Harapan dan Provita di Kota Jayapura; Siloam Makassar; Siloam Jakarta; dan Gatot Subroto Jakarta,” menginformasikan Wakerkwa.

Dia mengatakan, pemerintah daerah telah menjalin kerja sama dengan rumah sakit tersebut karena daerah tersebut memiliki fasilitas medis, alat kesehatan, dan dokter spesialis yang terbatas.

Ia memastikan kerja sama yang telah dilaksanakan sejak 2018 ini akan berlanjut hingga 2024.

Berita Terkait: Kementerian, IFAC mengupayakan ekspor produk pertanian Papua ke AS

Berita Terkait: Penjabat Gubernur Papua Tengah berbagi rencana untuk 100 hari pertama

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor