Para ilmuwan telah menemukan tiga kawah misterius yang tumpang tindih di permukaan Mars

Ilustrasi salah satu kutub Mars. (NASA)

Hitekno.com – tiga Kawah misterius Dari Mars Itu terbuat dari baskom yang ditemukan paragraf ahli astronomi Dengan crosstalk.


Kawah ini ditemukan di dataran tinggi yang disebut Noachis Terra. Wilayah yang terkena asteroid dan komet sekitar 4 miliar tahun yang lalu.


Bentuknya seperti cekungan diagram Venn, kawah ini tidak terlalu besar dibandingkan dengan lubang-lubang lain di Noachis Terra. Beberapa lubang dapat memanjang hampir 140 kilometer di daerah tersebut dan lubang terkecil berukuran 28 kilometer.


Sedangkan tiga lubang yang tumpang tindih berukuran 45 kilometer. Asal muasal kawah masih sulit dijelaskan.


Ilmuwan mengatakan bahwa objek yang bertabrakan mungkin telah pecah menjadi tiga bagian sebelum menghantam permukaan. Namun, kawah tubrukan ganda dan rangkap tiga sering kali dapat terjadi di Mars, meskipun tidak semuanya membentuk cara yang sama.


Kawah misterius di permukaan Mars. [Esa.Int]

Pada 2015, para astronom menemukan kawah rangkap tiga yang serupa di Elysium dekat ekuator Mars. Saat itu, tim ilmuwan berspekulasi bahwa hal itu bisa jadi disebabkan oleh ledakan asteroid di atmosfer atau karena asteroid yang lebih kecil mengorbit pasangan biner yang lebih besar.


Kemudian, pada 2017, Mars Reconnaissance Orbiter mengalami gabungan tiga kawah tabrakan. Menurut astronom, itu berasal dari tiga bagian yang terbang dalam formasi yang berdekatan.


Beberapa ilmuwan juga berasumsi bahwa kawah ganda disebabkan oleh beberapa asteroid, yang terdiri dari dua atau lebih benda berbatu yang saling bersentuhan atau mengorbit dekat. Namun, hanya sekitar 2 persen dari semua asteroid yang diperkirakan terbentuk dari dua atau lebih objek ini.


“Penjelasan lain mungkin kebetulan,” tulis Badan Antariksa Eropa (ESA) dalam siaran pers. “Pada berbagai titik waktu, tiga kolektor terpisah bisa saja bertabrakan dengan permukaan Mars di lokasi ini, menciptakan superposisi yang persis bertepatan dengan kawah.” Peringatan sainsSenin (16 November 2020).

READ  Misi Juno adalah menyaksikan tarian setan di atmosfer Jupiter


Namun, jika ini bukan karena kawah yang pernah bertemu tiga kali dan objek yang benar-benar hancur sebelum mencapai permukaan, maka informasi ini adalah 4 miliar tahun yang lalu.


Menembus atmosfer Mars tampaknya lebih sulit daripada sekarang dan ini menunjukkan kehangatan dan kelembapan planet.(Voice.com/Lintang Siltya Utami)



Written By
More from Hamal Hamid

Sudah naik 4,71% minggu lalu, dan IHSG cenderung terkoreksi pada Selasa (10/11)

Klarifikasi. Tampilan layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *