Para peneliti telah mendeteksi sinyal radio dari sistem eksoplanet yang berjarak 51 tahun cahaya, dan ini mungkin membuktikan keberadaan mereka

Para peneliti telah mendeteksi sinyal radio dari sistem eksoplanet yang berjarak 51 tahun cahaya, dan ini mungkin membuktikan keberadaan mereka

Sebuah tim ilmuwan internasional mungkin mengumpulkan sinyal radio pertama dari sebuah planet di luar tata surya kita, yang berasal dari sistem planet ekstrasurya sekitar 51 tahun cahaya.

Menggunakan Low Frequency Array (LOFAR), sebuah teleskop radio di Belanda, para peneliti menemukan radiasi dari galaksi Tau Bootes yang disebut Hot Jupiter, sebuah planet gas raksasa yang sangat dekat dengan matahari itu sendiri. , Tunjukkan.

Tim yang dipimpin oleh para peneliti dari Cornell University di Amerika Serikat itu juga melihat kandidat potensial lain untuk emisi radio di konstelasi Cancer dan Epsilon Andromide.

Namun, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Astronomy and Astrophysics menemukan bahwa hanya sistem planet ekstrasurya Tau Bootes yang menampilkan sinyal radio penting, jendela potensial unik ke medan magnet planet.

“Kami memberikan salah satu tips pertama untuk menjelajahi exoplanet di bidang radio,” kata Jake D Turner, peneliti di Cornell University.

“Sinyal berasal dari Tau Bootes System, yang berisi sistem bintang biner dan exoplanet. Kami peduli dengan emisi dari planet itu sendiri.”

Jika dikonfirmasi dengan pengamatan lanjutan, para peneliti mengatakan, penemuan radio ini membuka jendela baru pada exoplanet dan memberikan cara baru untuk menjelajahi dunia asing yang berjarak sepuluh tahun cahaya.

Turner mengatakan, mengamati medan magnet sebuah planet ekstrasurya membantu astronom menguraikan sifat planet dari interior dan atmosfernya.

Medan magnet bumi melindunginya dari bahaya angin matahari dan membuat planet tetap layak huni.

“Medan magnet exoplanet seperti Bumi dapat berkontribusi pada kelayakhunian mereka dengan melindungi atmosfer mereka dari angin matahari dan sinar kosmik, dan dengan melindungi planet dari kehilangan atmosfer,” kata Turner.

Dua tahun lalu, Turner dan rekannya memeriksa tanda emisi radio Jupiter dan mengurangi emisi untuk meniru kemungkinan tanda tangan dari planet ekstrasurya mirip Jupiter yang jauh.

READ  Air laut terus naik, NASA sedang menyelidiki gejala Bumi yang tidak biasa dari ...

Ini menghasilkan pola pencarian untuk emisi radio dari planet ekstrasurya pada 40 hingga 100 tahun cahaya.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor