Pasalnya Galaxy Z Fold 2 tidak menggunakan sensor sidik jari di layar

KOMPAS.comSamsung baru diluncurkan ponsel lipat terbaru, Galaxy Z Lipat 2, secara global, Senin (1/9/2020). Ponsel tersebut dibandrol dengan harga US $ 1.999 atau sekitar Rp 29,4 juta.

Meski dijual dengan harga yang cukup tinggi, namun ponsel lipat ini belum dilengkapi dengan fitur biometrik berupa modul pemindai sidik jari ( sidik jari) yang tertanam di bawah permukaan layar (di bawah layar).

Baca juga: Samsung Pastikan Galaxy Z Fold 2 Masuk Indonesia, Kapan?

Sebagai gantinya, Samsung telah menyematkan modul tersebut di bingkai alias ponsel dipasang di samping sehingga pengguna dapat membuka kunci layar (layar kunci) telepon selular.

Lantas, kenapa smartphone yang lebih mahal dari seri Galaxy S dan Note tetap digunakan pemindai sidik jari konvensional?

Menurut Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Taufiq Furqan, Samsung sengaja memasang sensor sidik jari di bingkai ponsel agar mudah diakses, mengingat layar perangkat ini bisa dilipat.

“Jika Anda menggunakan sidik jari samping Ini memudahkan pengguna, baik saat layarnya dilipat atau diregangkan, sehingga bisa mengakses ponselnya dalam kondisi apapun, ‚ÄĚkata Taufiq di Samsung Virtual Event, Senin (31/8/2020).

Taufiq melanjutkan, saat melakukan sensor sidik jari dipasang di layar, fitur ini tidak akan dapat digunakan nanti saat ponsel dalam mode lipat.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 2 Mendukung Drag and Drop, Ini Fungsinya

Kebalikannya benar, jika modul sidik jari disematkan di layar sekunder (tampilan sampul), maka fitur ini tidak akan berfungsi di layar utama. “Jika modul sidik jari dipasang di satu layar, atau keduanya, tidak efektif, “tambah Taufiq.

Tak hanya Galaxy Z Fold 2, ponsel lipat Samsung lainnya, seperti Galaxy Fold dan Galaxy Z Flip, memang memiliki modul pemindai sidik jari yang diletakkan di bingkai ponsel.

READ  OPPO Luncurkan ColorOS 11, Indonesia adalah negara pertama yang menikmati ColorOS 11 versi BETA

Maka, tak heran jika Samsung memutuskan untuk terus menggunakannya sisi sidik jari pada ponsel lipat generasi terbaru, mungkin karena ponsel bisa dilipat lebih cocok dengan model pemindai sidik jari seperti ini.

More from Mahammed Shehata

Itulah yang dikatakan Thiago Alcantara dengan Liverpool

Liverpool – Thiago Alcantara Secara resmi diumumkan sebagai pemain baru Liverpool. Gerakan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *