Pemerintah dan perusahaan mencari penangguhan hukuman setelah pengadilan menyatakan Undang-Undang Penciptaan Lapangan Kerja 2020 tidak konstitusional

Pemerintah dan perusahaan mencari penangguhan hukuman setelah pengadilan menyatakan Undang-Undang Penciptaan Lapangan Kerja 2020 tidak konstitusional

Jakarta. Pemerintah dan bisnis menemukan kelonggaran dalam kenyataan bahwa Undang-Undang Penciptaan Lapangan Kerja 2020 tetap berlaku selama dua tahun ke depan, memberikan banyak waktu untuk revisi setelah Mahkamah Konstitusi menyatakan undang-undang tersebut tidak konstitusional pada hari Kamis.

Apa yang disebut ratifikasi pada Oktober tahun lalu mendapat tentangan luas, terutama dari mahasiswa, serikat pekerja dan aktivis lingkungan, yang berpendapat bahwa satu-satunya fokus undang-undang untuk menghilangkan hambatan investasi dapat merusak perang pekerja dan dapat memicu putaran lain dari lingkungan. degradasi di tanah air.

Namun, putusan MK hari Kamis itu berdasarkan prosedur hukum, bukan berdasarkan prestasi. Pengadilan menemukan bahwa undang-undang tersebut tidak dibahas dan diratifikasi sesuai dengan prosedur formal undang-undang, sehingga inkonstitusional.

Pengadilan memerintahkan pemerintah untuk meninjau undang-undang tersebut dalam masa tenggang dua tahun, selama waktu itu undang-undang tersebut tetap berlaku. Jika tidak ada perbaikan setelah periode tersebut, Undang-Undang Penciptaan Lapangan Kerja 2020 akan menjadi inkonstitusional secara permanen. Setiap undang-undang sebelumnya yang telah digantikan oleh undang-undang selimut akan dianggap berlaku lagi.

Selama ini, MK menghentikan segala tindakan dan kebijakan yang bersifat strategis dan berjangkauan luas, termasuk tidak menerbitkan peraturan pemerintah baru yang berkaitan dengan undang-undang tersebut selama proses penyempurnaan. Semua artikel turunan JCA yang belum diterbitkan akan ditangguhkan.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlanga Hartarto menyatakan bahwa pemerintah akan menghormati dan mematuhi keputusan pengadilan tersebut.

Menurut dia, pemerintah akan segera menindaklanjuti putusan MK dengan menyiapkan amandemen undang-undang dan melaksanakan arahan MK sebagaimana tertuang dalam amar putusan.

“Putusan MK menetapkan UU Cipta Kerja tetap berlaku secara konstitusional sampai pembentukannya diperbaiki sesuai batas waktu yang ditetapkan MK, yang harus diubah paling lambat dua tahun setelah putusan dibacakan,” kata Erlanga. Kamis.

READ  Ada Keluhan Masker Sebabkan Mata Kering, Apa Sebabnya?

Erlanga menambahkan, putusan MK tersebut juga menyatakan bahwa pemerintah tidak boleh mengeluarkan peraturan strategis baru sampai ada penyempurnaan UU Cipta Kerja.

“Oleh karena itu, peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan untuk melaksanakan UU Cipta Kerja tetap berlaku,” kata Airlangga.

Tidak ada dampak langsung pada bisnis

Haryadi Sukmani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Abindo), memperkirakan tidak akan ada dampak serius bagi dunia usaha pasca putusan MK.

“Saya kira putusan MK itu tidak berdampak serius terhadap kepastian hukum dan iklim usaha di Indonesia karena ini hanya diminta untuk meninjau dan tidak mencabut pasal… yang sudah dikeluarkan tetap berlaku, termasuk upah minimum. yang tertuang dalam PP No 36 Haredi mengatakan dalam konferensi pers online, Kamis.

Respon tindakan

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPSI), Andy Jani Nina Wei, juga mengucapkan terima kasih atas putusan pengadilan tersebut. Ia mengaku bersyukur pada akhirnya bisa bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada majelis hakim MK yang membela kebenaran dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Kamis.

“Kami percaya bahwa keadilan masih ada di negara ini, dan kami berterima kasih kepada semua pekerja di Indonesia yang berjuang tanpa lelah untuk mengawal proses persidangan ini… Saeed Iqbal dan saya [the president of KSPI] Dia akan terus mengawal perbaikan regulasi yang berpihak pada semua pihak, bukan hanya satu.”

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor