Pemerintah segera atasi masalah sampah Bali jelang KTT G20

Pemerintah segera atasi masalah sampah Bali jelang KTT G20

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah berkomitmen untuk mengatasi permasalahan sampah di beberapa wilayah di Bali, antara lain Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan (Sarbagita), sebelum KTT G20 Indonesia dijadwalkan di sana pada November 2022.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendesak agar upaya terpadu memperbaiki pengelolaan sampah di Bali mengingat KTT G20 tinggal sembilan bulan lagi.

“Ini kesempatan Bali untuk bersih,” katanya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Selasa malam.

Pandjaitan menyoroti salah satu persoalan persampahan yang menjadi perhatian utama adalah sampah di Sarbagita yang belum terkelola sepenuhnya selain ketergantungan Kota Denpasar terhadap TPA Suwung untuk membuang sampah dengan kapasitas mencapai sembilan ratus ton per hari.

Menteri memerintahkan untuk segera menutup TPA Suwung karena sudah mencapai kapasitas menampung sampah.

“Untuk itu, dukungan akan diberikan pada pembangunan infrastruktur prioritas, seperti tiga tempat pengolahan sampah terpadu dan sembilan tempat pengolahan sampah dengan metode reduce, reuse, recycle (3R) untuk Denpasar, meskipun tempat sementara sebagai pengganti. untuk Suwung itu perlu sampai beroperasi penuh,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Diana Kusumastuti menegaskan tiga lokasi pengolahan sampah ditargetkan selesai pada September 2022 setelah lelang, karena proyek tersebut membutuhkan anggaran sebesar Rp105 miliar yang dipinjam melalui Peningkatan Daya Tahan Padat. Pengelolaan Sampah untuk Mendukung Wilayah Regional dan Kota Metropolitan (ISWMP).

Kementerian telah menulis surat kepada Bank Dunia untuk persetujuan pendanaan untuk tiga proyek, dengan proyeksi kapasitas penampungan sampah 1.024 ton sampah per hari, untuk mengatasi masalah sampah yang melanda Kota Denpasar.

Berita Terkait: Pemerintah Alokasikan Rp505,9 Miliar untuk KTT G20 di Bali
Berita Terkait: Percantik infrastruktur Bali selesai Februari

READ  Banjir Aceh paksa 23.380 warga mengungsi: BPBA

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor