Pemerintah segera bertindak untuk mencegah wabah PMK di Jawa Tengah

Pemerintah segera bertindak untuk mencegah wabah PMK di Jawa Tengah

Sudah saatnya kita perbaiki dan faktualisasikan data, termasuk jumlah hewan yang terjangkit penyakit mulut dan kuku

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pertanian mengambil langkah cepat untuk mengendalikan dan mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak di Jawa Tengah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam siaran persnya, Sabtu, menekankan pentingnya tindakan cepat dan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan untuk tetap waspada dan mempercepat upaya pemulihan ternak yang terdeteksi positif PMK.

“Ada wabah penyakit mulut dan kuku, dan kami melihat tren pemulihan yang sangat positif. Hari ini, semua orang mungkin mengatakan itu. Reaksi cepat kami untuk mengambil langkah itu membuahkan hasil,” katanya.

Dia menyoroti beberapa kunci untuk mempercepat upaya penanganan PMK.

Pertama, semua pihak tetap tenang setelah pemerintah menerjunkan tim untuk bekerja maksimal, sehingga penanganan PMK ditingkatkan.

Kedua, dilakukan langkah-langkah perbaikan data.

“Sudah saatnya kita perbaiki dan faktualisasikan data, termasuk jumlah hewan yang terjangkit penyakit mulut dan kuku. Data itu harus objektif dan normatif,” jelasnya.

Ketiga, pemerintah telah membentuk satuan tugas nasional. Oleh karena itu, pemerintah provinsi dan kabupaten harus segera membentuk satgas provinsi dan kabupaten sebagai tindak lanjut instruksi pemerintah pusat.

Gugus tugas berfungsi sebagai unit untuk menyusun dan melaksanakan agenda aksi dan berfungsi sebagai pusat informasi.

Kementerian Pertanian mengumumkan pada hari Rabu bahwa enam kabupaten di dua provinsi telah melaporkan wabah PMK pada ternak.

“Kementerian Pertanian telah menetapkan dua wilayah yang terkena wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan. Wilayah tersebut adalah dua kabupaten di Provinsi Aceh dan empat kabupaten di Jawa Timur,” kata Limpo saat konferensi pers di sini.

READ  Jokowi Tidak Akan Ikut Parade MotoGP Jakarta: Pejabat Pemerintah

Dua kabupaten yang terkena wabah PMK di Aceh adalah Aceh Tamiang dan Aceh Timur, sedangkan empat kabupaten di Jawa Timur adalah Gresik, Sidoarjo, Lamongan, dan Mojokerto, kata Limpo.

Menurut data kementerian, 3.205 ekor ternak terinfeksi PMK di Jawa Timur dengan angka kematian mencapai 1,5 persen. Sementara itu, 2.226 ekor ternak terjangkit PMK di Aceh, dengan satu kematian tercatat sejauh ini.

PMK mempengaruhi hewan berkuku belah, seperti sapi, kambing, domba, dan babi, kata Limpo. Penyakit ini ditularkan melalui udara atau kontak langsung.

Berita Terkait: Yogyakarta berupaya mencegah penularan PMK pada ternak
Berita Terkait: Tangerang bentuk satgas penyakit mulut dan kuku pada ternak
Berita Terkait: Kemenkes Pastikan Hewan Kurban Tidak Terkena Wabah PMK

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor