Pemilihan presiden Timor Timur menuju putaran kedua April

Pemilihan presiden Timor Timur menuju putaran kedua April

Dua kandidat teratas dalam pemilihan presiden Timor Lorosa’e pada hari Selasa tampaknya akan maju ke putaran kedua bulan depan, meskipun penghitungan suara terakhir menunjukkan keunggulan untuk peraih Nobel Jose Ramos-Horta. Dengan semua suara dihitung, Ramos-Horta telah mengamankan 46,58%, lebih banyak dari saingannya Francisco “Lu Olo” Guterres, tetapi masih dua kali lebih rendah dari mayoritas yang dibutuhkan untuk menang dalam satu putaran.

Badan pemilihan, yang memuat penghitungan terbaru di situsnya, belum mengkonfirmasi putaran kedua. Tetapi jika tidak ada kandidat yang memperoleh lebih dari 50% suara, pemilihan akan dilanjutkan ke putaran kedua pada 19 April. Berbicara di istana kepresidenan pada hari Selasa, presiden petahana Guterres mengatakan dia akan mencari aliansi dengan semua partai yang tidak memenuhi syarat untuk pemilihan. putaran kedua.

“Ayo maju ke putaran kedua karena tidak ada calon yang keluar sebagai pemenang dan tidak ada calon yang keluar sebagai pecundang, sekarang kita mulai lagi dari nol,” ujarnya. Ramos-Horta mengatakan sebelumnya dia yakin akan kemenangan, dan bahwa pemilihannya akan menyebabkan “gempa politik di parlemen nasional”.

Pria 72 tahun, yang sebelumnya menjabat sebagai presiden dari 2007 hingga 2012, mengatakan pekan lalu bahwa dia merasa terdorong untuk mencalonkan diri lagi setelah dia menganggap tindakan presiden petahana telah melanggar konstitusi. Hampir dua dekade setelah memperoleh kemerdekaan dari tetangganya Indonesia, Timor Leste mengadakan pemilihan presiden kelima pada hari Sabtu – perlombaan yang dipenuhi oleh tokoh-tokoh perlawanan utama yang tetap menonjol dalam menjalankan negara termuda di Asia hingga hari ini.

Di Timor Timur, presiden bertanggung jawab untuk mengangkat pemerintah dan juga memiliki kekuasaan untuk membubarkan parlemen. Negara ini memiliki populasi mayoritas Katolik 1,3 juta orang dan ekonomi yang bergantung pada minyak dan gas, tetapi telah berjuang dengan stabilitas dan pembangunan politik.

READ  Revisi UU Kejaksaan Agung bisa memperkuat sistem, institusi: legislator

(Kisah ini belum diedit oleh staf Devdiscourse dan dibuat secara otomatis dari umpan sindikasi.)

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor