Pemindahan ibu kota menawarkan momentum untuk mendorong pemerataan pembangunan

Pemindahan ibu kota menawarkan momentum untuk mendorong pemerataan pembangunan

Jakarta (ANTARA) – Pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur menjadi momentum percepatan pemerataan pembangunan di Tanah Air, kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung.

“Pemindahan ibu kota menawarkan momentum atau titik awal percepatan pertumbuhan pemerataan pembangunan di Indonesia,” kata Tandjung saat diskusi publik bertajuk “Menuju Ibu Kota Baru” yang disiarkan langsung di kanal YouTube RESMI RRI NET, diakses dari sini pada hari Rabu.

Tandjung mencatat, meski gagasan pemindahan ibu kota Indonesia telah disuarakan sejak lama, baru pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo akhirnya Indonesia memiliki landasan hukum yang kokoh berupa Undang-Undang Ibu Kota (UU IKN), sehingga relokasi dapat diwujudkan dalam rangka mempercepat pemerataan pembangunan.

Dengan demikian, periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah menekankan dan menerapkan konsep Indonesia sebagai negara hukum, sehingga pemindahan ibu kota didukung oleh landasan hukum yang kuat, khususnya undang-undang IKN.

“Semuanya harus dimulai dengan landasan hukum melalui pembuatan UU IKN,” tegasnya.

Tandjung mengatakan, pemindahan ibu kota yang bernama Nusantara ke Kalimantan Timur merupakan wujud dari visi dan misi Indonesia, untuk menjamin pemerataan pembangunan di seluruh wilayah.

Berita Terkait: Ibukota Nusantara Bukan Untuk Orang Tertentu : Moeldoko

“Indonesia tidak ingin hanya memiliki satu magnet, hanya satu pusat pertumbuhan, tetapi ingin membangun negara dengan beberapa strategi berupa pusat pertumbuhan. Apalagi Indonesia adalah negara yang cukup besar, sehingga harus ada visi untuk mempercepat pemerataan pembangunan,” ujarnya.

Untuk itu, pemindahan ibu kota menjadi momentum untuk mempercepat pemerataan pembangunan di Indonesia, tegasnya.

Berita Terkait: Pembangunan Ibu Kota Nusantara Dimulai dengan Penghijauan: Jokowi

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor