Penemuan mikroba di Gurun Atacama mendukung kehidupan di Mars

Penemuan mikroba di Gurun Atacama
Ilustrasi temuan mikroba di Gurun Atacama …. Gambar milik

Penemuan mikroba di Gurun Atacama berimplikasi pada kehidupan di bawah permukaan Mars. Hasilnya datang dari para ilmuwan di Cornell University dan Spanish Center for Astrobiology.

Mereka mengumumkan penemuan mikroorganisme subur di lapisan dangkal permukaan tanah di Chili. Lapisan tempat mereka mendapatkan mikroba penuh dengan kandungan tanah liat.

Sehingga didapatkan indikasi adanya mikroba. Dimulai dengan mikroba hidup atau mikroba yang telah menjadi fosil.

Penemuan mikroba di Gurun Atacama

Lepas landas dari Earth Sky, jika peneliti mengungkapkan hasil mereka. Lapisan yang kaya akan smektit terletak sekitar 30 cm atau 11,8 inci di bawah permukaan dasar Arid Atacama Dry.

Mereka menemukan lapisan yang kaya akan tanah liat basah. Fenomena ini jarang terjadi dan mereka belum pernah melihatnya sebelumnya di kawasan gurun pasir ini.

Kelembaban tanah relatif stabil dan sekitar 78 persen, dengan semua diisolasi dalam kondisi cuaca yang bervariasi dan sangat kering.

Para peneliti studi berbicara tentang temuan mikroba di Gurun Atacama. Jika Gurun Atacama memiliki substrat yang tebal, maka terdapat 30 spesies halofita. Jenis ini berasal dari bakteri archaic yang aktif secara metabolik.

Ini telah terungkap tentang habitat kehidupan mikroba yang sebelumnya tidak ada di lapisan bawah planet gurun.

“Hasil kelompok mikroba berbeda pada akuifer kaya smektit di jantung Atacama yang sangat kering. Kami telah mengidentifikasi serangkaian tanda biologis di lumpur. Ini menunjukkan bahwa endapan tanah liat dangkal mirip dengan yang ada di Mars. Mungkin berisi tanda biologis dan mudah diakses untuk ini.” Eksplorasi, “kata salah satu peneliti.

Baca Juga: Temuan Aurora di Sekitar Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko

Hasil kandungan tanah liat

Sementara itu, wartawan Alberto G. Ferren mengungkapkan, lumpur tersebut mengandung mikroorganisme. Hal tersebut terkait dengan penemuan mikroba di Gurun Atacama.

READ  Para peneliti telah menemukan asam amino glisin di atmosfer Venus: Okezone techno

Penemuan ini menunjukkan bahwa sesuatu yang serupa dan mungkin telah terjadi miliaran tahun yang lalu. Faktanya, kemungkinan ini masih ada di Mars. “Jika mikroba masih ada saat ini, kemungkinan kehidupan Mars baru akan tetap ada,” katanya.

Ilmuwan yang melakukan penelitian telah menemukan setidaknya 30 jenis mikroba. Mereka sebelumnya tidak menyadari keberadaan bakteri aktif secara metabolik dan archaea (organisme tunggal).

Ini sangat penting mengingat kondisi permukaan yang sangat kering. Mereka juga mengatakan bahwa lapisan dangkal Mars juga mengandung mikroba di Gurun Atacama atau sisa makanan.

Namun, mereka dapat dengan mudah menemukannya untuk penjelajah di masa mendatang. Kondisi tanah di Planet Merah saat ini sangat kering. Namun, lapisan permukaan tersebut mengandung lumpur yang melimpah di beberapa daerah.

Baca Juga: Temuan Planet Pi Mirip Dengan Bumi Masa Orbit Hanya 3,14 Hari

Mendeteksi kondisi tanah dengan rasa ingin tahu

Setelah itu, penemuan mikroba di Gurun Atacama hanya bisa dideteksi oleh pesawat luar angkasa. Pesawat itu mengorbit stasiun luar angkasa.

Namun hasil kondisi tanah jika terdeteksi oleh Spirit and Opportunity (MER) dan Curiosity. Meski tidak melengkapi penemuan dengan jenis kehidupan tanah atau mikroba yang menghuninya.

“Curiosity juga menemukan berbagai partikel organik dan terawetkan di dalam batuan tanah liat kuno. Ini bisa memberikan petunjuk yang sangat penting mengenai kemungkinan adanya kehidupan di masa lalu,” kata peneliti dalam laporan tersebut.

Makalah ini akan membantu memandu penelitian. Ini untuk melaporkan kemana kita harus mencari. Lalu juga tentang alat yang akan kami gunakan untuk menemukan sisi kehidupannya, ‚ÄĚkata Viren.

Karenanya, para ilmuwan menghargai penemuan mikroba di Gurun Atacama sebagai informasi yang akan membantu mereka menentukan lokasi terbaik di Mars. Ini adalah pencarian bukti kehidupan mikroskopis di masa lalu. (R10 / HR online)

READ  Roket NASA Kembali ke Bumi: Ozone Techno

Penerbit: Jujang

Written By
More from Hamal Hamid

Bos BCA mengungkap ancaman bank akan hengkang dari nasabah

Jakarta, CNBC Indonesia – Head of PT Bank Central Asia Tbk (BBCA),...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *