Pengacara DFSK Penggugat Post Glory membuka 580 pengaduan

Jakarta, CNN Indonesia –

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) membuka pusat pengaduan terhadap konsumen Dfsc Kemuliaan 580 CVT 1.500 cc turbo bermasalah di dalam mobilnya. Keluhan tersebut dapat disampaikan secara online dan melalui call center.

Presiden KKI David Tobing melaporkan bahwa pengaduan telah dibuka secara online melalui Situs Resmi KKI Center dan WA 08989899989 mulai 12 Desember 2020 hingga 12 Januari 2021.

David mengatakan postingan ini dibuka karena setelah dia mendampingi tujuh konsumen mengajukan gugatan terhadap Sokonindo Automobile selaku pemilik merek DFSK karena pengaduan CVT turbo Glory 580 dinilai kurang memadai. Menakutkan, Ternyata banyak konsumen lain yang mengeluhkan hal serupa.




David yang juga menjabat sebagai kuasa hukum tujuh filing consumer, mengatakan pihaknya ingin membuka peluang bagi pelanggan CVT DFSK Glory 580 1.5T lainnya untuk memperjuangkan haknya, termasuk mengajukan pengaduan atau pengaduan.

Menurutnya, beberapa konsumen DFSK Glory 580 langsung menghubunginya untuk mengajukan keluhan tersebut.

Dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Jumat (11/12), David mengatakan: “Setelah saya mengajukan gugatan terhadap DFSK, banyak yang langsung menghubungi saya. Ada yang dari Surabaya, Banten, Bandung, Malang, Palimpang dan Jakarta.”

Sebelumnya, tujuh konsumen DFSK pemilik mesin CVT turbo Glory 580 2018 diketahui menggugat Sokonindo Automobile karena dinilai mobil tersebut kurang bertenaga untuk tanjakan.

Tujuh konsumen yang merasakan ada masalah dengan kendaraannya menjelaskan bahwa mereka telah melaporkan keluhannya ke bengkel resmi DFSK. Namun, mobil konsumen dikatakan masih menghadapi masalah yang sama, yaitu ketidakmampuan mereka untuk berjalan di tanjakan atau terlalu macet dengan stop and go.

Rata-rata konsumen ini gagal lebih dari dua kali lipat seperti yang dijelaskan David dalam pernyataan resminya.

READ  Panjang Umur, Inilah 4 Tokoh Konglomerat Indonesia yang Telah Berusia Lebih Dari 90 Tahun

David mengatakan masih banyak konsumen lain yang memiliki pengalaman berkendara serupa dengan tujuh konsumen yang pernah mengajukan gugatan. Bahkan, ada beberapa konsumen yang dikejar DFSK dengan menukar mobil milik konsumen yang tidak bisa diperbaiki dengan unit baru.

“Beberapa keluhan menyebutkan unit Glory yang bermasalah sudah diganti dengan unit Glory lain karena unit yang bermasalah tidak bisa diperbaiki,” ujarnya.

Produksi DFSK Glory 580 CVT Turbo 2018 (CNN Indonesia / Rayhand Purnama Karim JP)

David menambahkan, pihaknya memiliki opsi untuk menghubungi dan bekerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan penelitian terhadap unit bermasalah jika Sokonindo Automobile tidak memberikan respon positif.

Sukonindo Automobiles sebelumnya menanggapi laporan gugatan tujuh konsumen. Menurut Direktur Humas dan Media Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi, pihaknya tidak melibatkan konsumen bermasalah dan mengambil tindakan hukum karena belum menerima salinan gugatan tersebut.

“Kami sebenarnya belum menerima salinan gugatan itu. Yang penting kami tidak tahu siapa ketujuh orang ini [konsumen yang menggugat]. “Kalau kita tahu, kita cari tahu langkah apa yang akan kita ambil,” kata Roviki di Jakarta, Kamis (10/12).

Rafiki mengatakan, pihaknya terbuka untuk menyelesaikan masalah ini. Pihaknya disebut-sebut akan melakukan penyidikan setelah menerima salinan gugatan tersebut.

Menurut Rofiqi, belum ada konsumen Glory 580 yang mengeluh tentang masalah gagal naik.

“Sejauh ini belum ada penambahan, kecuali ini yang belum terjadi. Tapi akan kita saksikan lebih banyak perkembangannya,” ujarnya.

(ryh / fea)

[Gambas:Video CNN]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *