Penggemar Tito memperingati kematian pemimpin Yugoslavia

Penggemar Tito memperingati kematian pemimpin Yugoslavia

Di seluruh wilayah yang dikuasai oleh Josip Broz Tito sebagai negara kesatuan, sekelompok kecil orang yang masih mempertahankan kasih sayang kepada penguasa Komunis Yugoslavia berkumpul pada hari Selasa untuk merayakan ulang tahun ke-41 kematiannya.

Di Kumrovi, Kroasia, desa tempat Tito lahir, sirene dibunyikan tepat pada saat kematiannya pada pukul 15:05, dan upacara peletakan karangan bunga dihadiri oleh perwakilan dari otoritas lokal serta asosiasi anti-fasis dari Kroasia dan Slovenia.

Di kota Lapin di Kroasia di wilayah Istria, sebuah pertemuan kecil diadakan di depan patung Tito.

“Waktu berlalu dengan sangat cepat, tetapi kami merasa bahwa peran dan kepentingan Tito semakin nyata di antara orang-orang yang hidup pada saat itu,” kata Josep Harvatin, presiden Asosiasi lokal Josep Broz Tito di Lapin.

Di sebuah taman di Zenica di Bosnia tengah, sebuah asosiasi anti-fasis lokal merayakan apa yang mereka gambarkan sebagai “peran dan tindakan historis Kamerad Tito”, saat para penggemar mendiang presiden Yugoslavia berkumpul di sekitar patungnya di ibu kota Bosnia, Sarajevo pada kesempatan itu. hari jadi, dan di kota Tuzla.

Di Beograd, kematian Tito diperingati di House of Flowers, tempat Tito dimakamkan, yang merupakan bagian dari Museum Yugoslavia.

Media Serbia melaporkan bahwa salah satu cucu Tito, Josep Joska Broz, berkunjung dan meletakkan karangan bunga.

“Dia mewakili seorang pria yang mengangkat negara ini dari bawah abu, seorang pria yang memberikan segalanya untuk rakyatnya,” kata Joska Broz seperti dikutip oleh media.

Tito memimpin perlawanan partisan dari kekuatan Poros selama pendudukan Nazi dalam Perang Dunia II, dan kemudian memerintah Yugoslavia dari pembentukannya pada tahun 1945 hingga kematiannya pada tahun 1980.

READ  Bestes Handyhülle Samsung S4 Mini Getestet und qualifiziert

Karena sikap diplomatiknya yang tidak memihak, ia dikagumi oleh banyak orang di Barat sebagai seorang diktator yang lembut dan dipuji karena menjaga koeksistensi damai rakyat Yugoslavia.

Setelah pengumuman kematian Tito di Ljubljana pada 4 Mei 1980, banyak warga Yugoslavia di depan umum menangis di jalanan. Negara itu runtuh setelah lebih dari sepuluh tahun.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor