Pengukuhan blanket law creation work kemungkinan akan menimbulkan tekanan IHSG pada Rabu (7/10).

Klarifikasi. Saham IHSG ditutup menguat 40,45 poin atau 0,82% menjadi 4.999,22 pada Selasa (10/6).

Reporter: Kenya Intan | editor: Ya ampun

KONTAN.CO.ID – Jakarta. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Hampir menyentuh level 5000 pada penutupan perdagangan hari ini (6/10). Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI), IHSG akhirnya ditutup menguat 40,45 poin atau 0,82% ke level 4.999,22.

Sejak diperdagangkan di sesi pertama, IHSG telah bergerak di zona hijau dengan level tertinggi 5.023,89 dan terendah 4,992,48. Hingga 12,35 miliar saham diperdagangkan hari ini dengan nilai perdagangan 7,1 triliun rupee. Sedangkan jumlah waktu perdagangan mencapai 652.972 kali.

Analis Pilarmas Investindo Okie Ardiastama mencatat, pergerakan positif hari ini didorong oleh RUU Cipta Karya (RUU) yang disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam rapat paripurna, Senin (5/10). Sertifikasi ini menjadi sentimen pasar yang positif karena investor cenderung memiliki kejelasan birokrasi.

Sentimen positif dari blanket law cenderung mendominasi pasar dibandingkan hasil survei Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Bank Indonesia (BI). Seperti diketahui, BI hari ini merilis data CCI September 2020 yang turun menjadi 83,4. Padahal pada Agustus 2020 IKK berada pada 86,9.

Baca juga: Undang-Undang Penciptaan Pekerjaan telah disahkan, apa kuota sektor yang memenuhi syarat untuk kata-kata dalam jangka panjang?

Menurut Okie, pelemahan IKK tersebut tercermin dari pertumbuhan ekonomi di kuartal III. Di sisi lain, konsensus telah memperkirakan perlambatan di bulan September. Terlepas dari pengakuannya, perlambatan yang terjadi kurang dari satu suara bulat.

Meski UU Omnibus Cipta Kerja menjadi motor penggerak di belakang kepemimpinan IHSG saat ini, pelaku pasar masih mencermati perkembangan selanjutnya. Pasalnya, situasi politik internal sangat panas karena politik mengarah pada gerakan pemogokan buruh.

READ  JSM INDOMARET PROMO CATALOG 23-25 ‚Äč‚ÄčOktober 2020, minyak goreng murah, nasi jajan, cuma 3 hari

Aoki kepada Kontan.co.id, Selasa (6/10): “Kami berharap langkah ini tidak menimbulkan gejolak dan mengganggu produksi dalam beberapa hari ke depan. Sehingga upaya pemulihan ekonomi melalui efektivitas produksi lokal berjalan sesuai rencana.”

Baca juga: Rupee masih berpeluang untuk berkonsolidasi pada Rabu (7/10).

Okie lebih lanjut mengklarifikasi bahwa produksi yang menganggur akan menjadi pertimbangan investor. Apalagi, kondisi industri saat ini telah tertekan oleh wabah Covid-19.

Sedangkan untuk perdagangan besok, Rabu (7/10), Okie memperkirakan IHSG akan cenderung melemah, dan dibatasi pada kisaran 4960 hingga 5023.

Baca juga: Saham IHSG naik menjadi 4.999 pada akhir perdagangan Selasa (6/10), seiring pembelian dua saham bank oleh asing.

Donasi, Dapatkan Kupon Gratis!

Dukungan Anda akan meningkatkan semangat kami untuk menyediakan artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai tanda terima kasih atas perhatiannya, ada kupon gratis senilai donasi yang bisa digunakan untuk berbelanja Toko bahagia.


Written By
More from Hamal Hamid

Badan Antariksa Eropa Rover Rosalind Franklin menghadirkan platform permukaan ke Planet Merah

Pada program ESA’s ExoMars 2022, Rosalind Franklin akan menjadi bagian dari misi...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *