Penuh Drama, Pierre Gasly menang di Monza

Jakarta

Balap Formula 1 GP Italia berjalan penuh drama. Pierre Gasly menjadi pemenang dalam perlombaan yang ditandai dengan bendera merah akibat kecelakaan Charles Leclerc.

Gasly mengawali balapan di sirkuit Monza, Minggu (6/9/2020) malam WIB dari posisi 10. Ia bahkan belum bisa beranjak dari posisi tersebut hingga 10 lap telah berlalu.

Lewis Hamilton memulai balapan dengan baik, mempertahankan posisi terdepan. Dia diikuti oleh dua pembalap McLaren, Carlos Sainz dan Lando Norris.

Sementara itu Sebastian Vettel jadilah yang pertama mundur dari balapan karena rem rusak. Masalah tersebut membuatnya keluar jalur dan akhirnya kembali ke pit.

Drama dimulai pada lap ke-20 saat Kevin Magnusen menepi ke tepi trek, tidak jauh dari pintu pit. Mobil pengaman memasuki lintasan.

Momen inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Hamilton dan Antonio Giovinazzi untuk masuk pit yang dinilai melanggar karena pit ditutup saat safety car memasuki lintasan. Insiden ini ditinjau saat balapan dilanjutkan.

Namun tidak berselang lama, tepatnya pada lap ke 24, safety car kembali ke lintasan setelah Leclerc mengalami kecelakaan. Dia kehilangan kendali atas mobilnya dan menabrak tembok pembatas.

Kejadian ini menyebabkan bendera merah dikibarkan, pertanda perlombaan dihentikan. Pada titik inilah Hamilton dan Giovinazzi dinyatakan bersalah memasuki pit ketika status mereka ditutup. Keduanya dihukum stop and go adu penalti selama 10 detik.

Sehingga meski sempat berada di posisi terdepan saat balapan dihentikan, Hamilton langsung menurunkan posisinya usai restart. Gasly memimpin di ronde ke-29, diikuti oleh Kimi Raikkonen.

Max Verstappen mengikuti Vettel, Magnussen dan Leclerc keluar dari balapan di lap 31. Sementara itu, Carlos Sainz menempati posisi kedua dari Raikkonen di tiga putaran berikutnya.

READ  Lacazette Mendesak Arsenal untuk Memperbarui Kontrak Aubameyang: Okezone the Ball

Raikkonen berjuang keras untuk mempertahankan posisinya dan terus merosot. Lance Stroll dan Lando Norris berhasil lolos.

Tidak ada pergantian posisi terdepan sampai balapan selesai. Gasly finis pertama, diikuti Sainz dan Stroll yang naik podium.

Ini merupakan kemenangan pertama Gasly di Formula 1. Sementara itu, Hamilton berhasil memperbaiki posisinya hingga akhirnya finis di urutan ketujuh.

Hasil Formula 1 GP Italia

Hasil Formula 1 GP Italia Foto: Formula 1

Menonton video “Formula 1 2020 dapat diadakan tanpa penonton
[Gambas:Video 20detik]
(mentah / mrp)


Written By
More from Hamal Hamid

Balas Dendam Tiga Singa atas Kisah Pahit Euro 2016

London – Inggris menjalankan misi balas dendam saat bertemu Islandia. Strakarnir Okkar...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *